Kompas TV nasional sosial

Perempuan Indonesia Masuk Daftar 500 Orang Terkaya Dunia, Istri Pendiri Perusahaan Besar

Kompas.tv - 24 September 2020, 20:44 WIB
perempuan-indonesia-masuk-daftar-500-orang-terkaya-dunia-istri-pendiri-perusahaan-besar
Tan Siok Tjien, Perempuan yang Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sosok Tan Siok Tjien dikenal sebagai perempuan yang sukses di Indonesia. Tan Siok Tjien adalah istri dari mendiang pendiri PT Gudang Garam Tbk, Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo yang meninggal sejak tahun 1985.

Tan Siok Tjien adalah satu-satunya wanita Indonesia yang masuk dalam daftar 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaire Index.

Dalam Bloomberg Billionaires Index pada Jumat (21/8/2020), Tan berada di peringkat ke-4 terkaya di Indonesia, urutan 27 perempuan terkaya, dan urutan 268 orang terkaya di dunia.

Dalam keterangan tersebut, kekayaan miliarder ini mencapai US$7,32 miliar atau setara Rp107,6 triliun (kurs Rp14.700).

Melansir Bloomberg Billionaires Index, Tjien disebut memiliki lebih dari 31% saham di Gudang Garam, membuatnya menjadi pemegang saham perseorangan terbesar. Saham itu ia pegang melalui perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma.

Saat ini, jabatan dari presiden direktur Gudang Garam dipegan oleh Susilo Wonowidjojo, anak ketiga Tan Siok Tjien. Dia menggantikan posisi kakaknya, anak pertama Tan Siok Tjien, Rachman Halim yang meninggal pada 2008.

Susilo juga pernah dinobatkan di posisi ke-2 orang terkaya di Indonesia dalam daftar 500 orang terkaya versi Forbes pada 2018.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x