Kompas TV nasional peristiwa

Kiprah Pesawat Pertama Indonesia N250 Karya BJ Habibie Berakhir Jadi Besi Tua dan Dimuseumkan

Kompas.tv - 20 Agustus 2020, 10:27 WIB
kiprah-pesawat-pertama-indonesia-n250-karya-bj-habibie-berakhir-jadi-besi-tua-dan-dimuseumkan
Pesawat N250 Gatotkaca (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Kiprah pesawat pertama Indonesia buatan BJ Habibie N250 Gatotkaca akhirnya selesai sudah. Pesawat tersebut kini menjadi besi tua dan berakhir di museum.

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) akhirnya menyerahkan pesawat N250 Gatotkaca kepada TNI Angkatan Udara.

Selanjutnya, pesawat tersebut ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Baca Juga: Netizen Usulkan Bandara Kertajati Ganti Nama jadi Bandara BJ Habibie

Penyerahan pesawat N250 Gatotkaca menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI.

"Sejarah baru sedang dijalani N-250 Gatotkaca. Pesawat asli karya putra Indonesia yang pada 1995 sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya pada zamannya, kini harus menerima kenyataan sebagai penghuni museum," tulis akun Facebook TNI Angkatan Udara yang dikutip pada Kamis, (20/8/20).

Pesawat N250 Gatotkaca dikirim dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat ke Museum Pusat Dirgantara Mandala, Yogyakarta melalui jalur darat.

Baca Juga: Simulator Pesawat R80 Hadir di International Habibie Festival

"Ada perasaan pilu menyaksikan nasib sang Gatotkaca kini, meskipun demikian, ini kenyataan yang tidak bisa kita tolak," tulis akun TNI AU.

"Selamat jalan Gatotkaca, semoga di tempat baru, kamu dapat lebih menginspirasi generasi sekarang dan mendatang."

Sementara itu, Manager Komunikasi Perusahaan & Promosi PTDI, Adi Prastowo, mengatakan sebelum dikirim ke Yogyakarta, pihaknya sudah melakukan proses pembongkaran pesawat.

Diawali dengan membuka semua panel akses di bagian utama, baik itu engine, propeller, maupun struktur utama pesawat N250 seperti body, wing, dan vertical stabilizer.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x