Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Jenis Buah yang Sebaiknya Dihindari Penderita GERD

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 19:25 WIB
4-jenis-buah-yang-sebaiknya-dihindari-penderita-gerd
Ilustrasi. Buah-buahan memang kaya akan vitamin dan mineral, namun beberapa di antaranya memiliki kandungan asam tinggi yang dapat memperparah gejala asam lambung bagi penderita GERD. (Sumber: Dok. SHUTTERSTOCK)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan sensasi terbakar dan rasa tidak nyaman. 

Bagi para penderita asam lambung atau GERD, memilih makanan yang tepat menjadi kunci penting dalam mengendalikan gejala. Salah satunya, dengan menghindari konsumsi buah-buahan tertentu.

Buah-buahan memang kaya akan vitamin dan mineral, namun beberapa di antaranya memiliki kandungan asam tinggi yang dapat memperparah gejala asam lambung.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, berikut 4 buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.

Baca Juga: Gangguan Psikologis Bisa Memperberat Gejala GERD, Perlu Bantuan Ahli Kesehatan Jiwa

4 Buah yang Sebaiknya Dihindari Penderita GERD

1. Apel hijau

Apel adalah buah asam yang perlu dibatasi oleh penderita asam lambung. Namun, dibanding apel merah, pengidap asam lambung harus lebih berhati-hati dengan apel hijau.

Sebab, apel berwarna hijau lebih banyak mengandung asam yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung. Saat kadar asam lambung meningkat, berbagai gejala penyakit asam lambung yang menyakitkan, akan menyerang penderita.

2. Nanas

Buah yang sebaiknya tidak dimakan penderita asam lambung dan GERD selanjutnya adalah nanas.

Dilansir Healthline, sebagian dokter menyarankan penderita asam lambung untuk tidak mengonsumsi buah ini, meski belum merasakan gejala asam lambung.

Nanas merupakan buah yang cukup asam dengan pH antara 3 hingga 4. Padahal, skor netral untuk menyebut suatu makanan tidak asam maupun basa serta cukup aman untuk lambung adalah 7.

Oleh karenanya, jika memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi buah nanas agar tidak kambuh.

3. Buah citrus



Sumber : Cleveland Clinic, Healthline, WebMD



BERITA LAINNYA



Close Ads x