Kompas TV lifestyle kesehatan

Waspada Jika Kerap Merasakan Rasa Darah dalam Mulut

Kompas.tv - 23 April 2024, 04:30 WIB
waspada-jika-kerap-merasakan-rasa-darah-dalam-mulut
Penyebab ada rasa darah di mulut (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernahkah Anda merasakan rasa darah? Ketika ada gigi atau gusi berdarah mungkin hal ini sering dirasa, tapi jika terus-terusan apakah ini hal yang normal?

Mengutip Health, Perubahan indera perasa seperti ini dikenal sebagai dysgeusia. Dysgeusia adalah perubahan indera perasa, seperti rasa logam yang tiba-tiba ada di mulut.

Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi, mulai dari efek samping obat hingga kondisi medis tertentu seperti anemia atau infeksi.

Meskipun dalam banyak kasus, sensasi ini mungkin tidak menjadi masalah serius, namun kadang-kadang dapat menandakan kalau kondisi ini (kerap merasakan rasa darah di mulut) justru memerlukan perhatian medis lebih lanjut.

Kesehatan mulut

Rasa darah di mulut bisa menjadi tanda peradangan atau penyusutan jaringan gusi, seperti gingivitis atau periodontitis.

Jaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur, menggunakan sikat gigi lembut, dan berkumur dengan air antiseptik untuk mencegahnya.

Latihan

Olahraga berat bisa menyebabkan sensasi darah di mulut karena pemecahan sel darah merah. Berhenti dan periksa mulut Anda jika Anda merasa ada darah, terutama jika Anda berolahraga secara intens.

Infeksi

Infeksi seperti Covid-19 dapat menyebabkan rasa logam di mulut. Namun, ini biasanya bersifat sementara dan sembuh setelah infeksi pulih. Pastikan untuk mencari pertolongan medis jika Anda memiliki gejala infeksi yang mungkin.

Baca Juga: Menkes Harap Daun Kelor Eksis Seperti Ginseng Korea, Ternyata Sayuran Ini Favorit Para Artis

Obat-obatan dan vitamin

Beberapa obat dan suplemen, termasuk antibiotik, antidepresan, dan suplemen zat besi, dapat menyebabkan sensasi darah di mulut. Rasakan efek samping ini dan konsultasikan dengan dokter jika perlu untuk memeriksa reaksi obat Anda.




Sumber : Health


BERITA LAINNYA



Close Ads x