Kompas TV entertainment lifestyle

Menkes Harap Daun Kelor Eksis Seperti Ginseng Korea, Ternyata Sayuran Ini Favorit Para Artis

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 12:52 WIB
menkes-harap-daun-kelor-eksis-seperti-ginseng-korea-ternyata-sayuran-ini-favorit-para-artis
Ilustrasi daun kelor (Sumber: kontan.co.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap daun kelor menjadi tanaman herbal terbaik khas Indonesia sebagaimana ginseng dari Korea.

Ia pun meminta agar daun yang sebelumya dianggap mistis ini dilakukan penelitian secara ilmiah agar diketahui kandungan gizinya.

''Saya pengin ngimbangin seperti ginsengnya Korea, dibikin penelitian yang serius untuk masuk dunia internasional,'' ucap Menkes Budi saat kunjungan kerja meninjau kasus stunting di Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (4/3/2023) lalu, melansir laman kemkes.go.id.

Terlebih, NTT merupakan salah satu wilayah dengan tumbuhan kelor yang cukup banyak di Indonesia sehingga jika rencana tersebut terwujud bisa bermanfaat bagi kesehatan dan ekonomi masyarakat setempat.

Baca Juga: Tak Hanya sebagai Obat Pelangsing Alami, Ini Manfaat Daun Kelor Lainnya, Apa Saja?

Di NTT, daun kelor biasanya diolah menjadi sayur atau lalapan, yang diolah dengan bumbu khas NTT. Biji dan akarnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Tidak hanya sayuran, kelor juga bisa diolah menjadi biskuit, bubur, teh, dan roti, seperti yang dinikmati oleh Menkes Budi.

''Jadi kita akan menjadikan kelor sebagai salah satu makanan tradisional dan herbal Indonesia, kita akan riset secara formal. Kita dukung risetnya supaya bisa diterima di kalangan internasional,'' tutur Menkes Budi.

Daun kelor kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Oleh karena itu, daun kelor sering digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk membantu mencegah atau mengatasi berbagai penyakit.

Biji kelor mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai bahan bakar nabati. Selain itu, minyak biji kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik atau obat-obatan.

Hal itulah yang membuat sederet artis turut menggandrungi daun yang satu ini. Termasuk istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina.

Baca Juga: Air Rebusan Daun Kelor Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes Melitus



Sumber : kemkes.go.id, Grid.ID

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.