Kompas TV nasional kesehatan

Air Rebusan Daun Kelor Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes Melitus

Kompas.tv - 16 November 2022, 16:46 WIB
air-rebusan-daun-kelor-bantu-turunkan-kadar-gula-darah-cocok-untuk-penderita-diabetes-melitus
Ilustrasi. Minum air rebusan daun kelor untuk menurunkan gula darah penderita diabetes. (Sumber: kontan.co.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak penelitian menyebut air rebusan daun kelor dapat menurunkan gula darah sehingga berguna untuk penderita diabetes.

Diabetes melitus adalah gangguan metabolisme kronis yang ditandai oleh peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah) yang disebabkan oleh berbagai hal diantaranya keturunan, pola hidup yang tidak sehat, dan obesitas.

Apabila penyakit ini tidak segera diobati maka akan semakin parah dan menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan gagal ginjal.

Manfaat Rebusan Daun Kelor 

Diketahui, daun kelor memang terkenal karena segudang manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Bahkan, tanaman yang biasanya hidup di pelataran rumah ini dijuluki sebagai tanaman ajaib oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca Juga: Teh Daun Kelor Jadi Souvenir di KTT G20, Ternyata Manfaatnya Enggak Main-main

Dalam sebuah penelitian dari Universitas Negeri Gorontalo, dikutip Rabu (16/11/2022) air rebusan daun kelor rupanya berpengaruh pada penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada 2021 ini dilakukan dengan memberikan air rebusan kepada penderita diabetes di Puskesmas Telaga, Gorontalo.

Hasilnya, ada perbedaan antara kadar glukosa darah sebelum dan setelah pemberian rebusan daun kelor pada penderita diabetes mellitus.

"Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kadar glukosa darah sebelum diberikan rebusan daun kelor pada penderita diabetes mellitus adalah 230.88 mg/dl dengan standar deviasi 31.40. sedangkan setelah diberikan rebusan daun kelor adalah 159.47 dengan standar deviasi 26.15," bunyi hasil penelitian tersebut.

Kandungan rebusan daun kelor yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa darah yaitu Betakaroten yang terdapat di dalam vitamin A.

Baca Juga: Minum Air Rebusan Daun Seledri Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Caranya

Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit,

Vitamin C pada daun kelor juga membantu penormalan hormon insulin pada penderita diabetes melitus, asam askorbat membantu proses sekresi hormon insulin dalam darah.

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor

Untuk membuat rebusan ini, siapkan 300 mg daun kelor yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus dengan 3 gelar air atau 450 ml.

Rebus daun kelor selama 15 menit atau sampai menyusut airnya menjadi satu gelas. Minum air rebusan daun kelor selagi hangat sebanyak 1 kali per hari.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x