Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Aroma yang Dapat Mengatasi Mual Akibat Mabuk Perjalanan selama Mudik Lebaran

Kompas.tv - 4 April 2024, 06:00 WIB
5-aroma-yang-dapat-mengatasi-mual-akibat-mabuk-perjalanan-selama-mudik-lebaran
Bunga Lavender. Aroma bunga ini disebut dapat mengatasi mual akibat mabuk perjalanan. (Sumber: Unsplash/Nicole Pearce)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mabuk perjalanan menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi saat mudik. Kondisi ini ditandai dengan tubuh terasa tidak nyaman seperti pusing dan mual saat bepergian dengan kendaraan tertentu. 

Mabuk perjalanan bisa terjadi saat seseorang menempuh perjalanan darat, udara, maupun laut. Mabuk saat melakukan perjalanan dipicu oleh terganggunya sistem pengaturan posisi dan keseimbangan tubuh di dalam otak dan telinga bagian dalam. 

Pasalnya, telinga dalam dan otak (tepatnya otak kecil) merupakan pusat pengatur keseimbangan dan posisi tubuh. Ketika tubuh sedang bergerak, seperti berbaring, duduk, berjalan, berputar, dan berdiri, sistem saraf akan terus bekerja untuk mengirimkan sinyal ke otak dan telinga bagian dalam.

Baca Juga: 7 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik Meski Sedang Berpuasa

Orang yang sering mabuk perjalanan cenderung lebih sensitif dan kesulitan mengontrol seluruh sinyal saraf yang diterima oleh otak dan telinga dalam, sehingga akan timbul rasa mual, pusing, dan tidak enak badan selama perjalanan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Salah satunya dengan menghirup wewangian atau aroma yang dapat meredakan mual.

Dikutip dari laman Healthline, berikut aroma yang dapat mengatasi mual karena mabuk perjalanan.

Aroma Ini Atasi Mual karena Mabuk Perjalanan

1.  Lavender

Essential oil lavender mungkin paling dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Menggunakan minyak esensial lavender secara topikal atau dalam inhaler dapat membantu dekompresi pikiran saat Anda tengah menempuh perjalanan mudik.

Dampak yang sama ini juga dapat membuat lavender efektif dalam memerangi mual. 

2. Minyak jahe

Salah satu essential oil untuk meredakan mual adalah minyak jahe atau ginger oil. Minyak esensial jahe telah dipelajari sebagai obat untuk mual dan mabuk perjalanan.

Minyak jahe dapat disebarkan ke udara dengan diffuser, dioleskan ke titik-titik tekanan di dahi dan pergelangan tangan, atau bahkan digosokkan langsung ke perut untuk meredakan mual. Sebuah uji klinis mengungkapkan bahwa obat ini sangat efektif untuk orang yang mengalami mual saat pulih dari anestesi bedah.

Jahe juga umumnya dianggap aman untuk ibu hamil yang mengalami mual.

3. Kopi

Kopi yang biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk juga bisa menjadi pilihan untuk menambahkan wewangian di dalam mobil untuk mencegah mabuk perjalanan. Salah satu aroma kopi yang bisa dicoba adalah aroma kopi bali.

Aroma kopi bali ini akan menyajikan aroma khas dari kopi yang sangat wangi dan membangkitkan semangat. Aroma kopi satu ini juga diklaim bisa membuat rasa kantuk hilang saat tengah mengendarai mobil.

Aroma yang satu ini juga bisa menetralisir bau tidak sedap seperti bau rokok.

Baca Juga: Mabuk Perjalanan saat Mudik hingga Muntah, Apakah Membatalkan Puasa?

4. Minyak pappermint

Minyak pappermint membantu melemaskan otot-otot lambung dan mencegah kream serta berkontraksi berlebihan. Sebuah tinjauan ilmiah juga menyimpulkan bahwa menghirup aroma peppermint ketika Anda merasa mual dapat hilang secara cepat.

5. Minyak spearmint

Minyak esensial spearmint dapat dioleskan pada area tertentu seperti pada perut bagian bawah untuk menghilangkan mual saat perjalanan. Meski tak sepopuler peppermint, minyak spearmnit memiliki khasiat yang sama ampuhnya dengan minyak peppermint dalam mengatasi mual dan mabuk perjalanan.


 



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x