Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik Meski Sedang Berpuasa

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 16:30 WIB
7-tips-mencegah-mabuk-perjalanan-saat-mudik-meski-sedang-berpuasa
Ilustrasi. Tips mencegah mabuk perjalanan saat mudik meski sedang berpuasa (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Saat melakukan perjalanan mudik pada musim lebaran, seringkali kita mengalami gangguan mabuk perjalanan atau motion sickness.

Mengutip dari Cleveland Clinic, mabuk perjalanan terjadi karena otak menerima sinyal yang berbeda dari berbagai bagian tubuh.

Sebagai contoh, mabuk perjalanan sering terjadi saat berada di dalam kendaraan karena mata mendeteksi gerakan pepohonan atau objek di sekitarnya, tetapi otot dan sendi merasakan tubuh dalam keadaan diam dan tidak bergerak.

Situasi seperti ini dapat mengakibatkan otak mengalami kesulitan dalam memproses informasi mengenai apakah tubuh sedang diam atau bergerak. Kebingungan ini kemudian dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala mabuk perjalanan.

Untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan, banyak orang mengandalkan konsumsi obat anti mabuk perjalanan. Namun, bagi yang akan melakukan perjalanan mudik dalam kondisi sedang berpuasa, ada 7 tips yang dapat dilakukan, seperti yang dikutip dari WebMD, berikut ini.

1. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak saat Sahur

Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas dan berlemak saat sahur, karena makanan tersebut dapat memicu rasa mual dan muntah saat dalam perjalanan.

Lebih baik memilih makanan yang kaya akan gizi namun mudah dicerna oleh tubuh. Contohnya, seperti bubur, buah pisang, lontong sayur, roti, dan jenis makanan lain yang ringan bagi perut namun tetap memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kekuatan tubuh selama perjalanan.

Dengan memilih makanan seperti itu, kita dapat menghindari gangguan pencernaan yang dapat mengganggu kenyamanan saat melakukan perjalanan.

2. Cari Tempat Duduk yang Nyaman

Pastikan kamu mencari tempat duduk yang nyaman di dalam kendaraan.

Karena mabuk perjalanan sering kali disebabkan oleh kebingungan otak akibat keterbatasan pandangan akan sekeliling, sehingga memilih tempat duduk yang tepat dapat membantu mengurangi gejala tersebut.

Baca Juga: Catat, Segini Saldo E-Toll yang Perlu Disiapkan untuk Mudik Jakarta-Semarang via Jalan Tol

Jika memungkinkan, disarankan untuk memilih tempat duduk di sebelah sopir atau di dekat jendela.

Dengan begitu, kamu dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap pandangan sekeliling, yang dapat membantu otak dalam memproses informasi dengan lebih baik dan mengurangi kemungkinan mabuk perjalanan.

3. Sesuaikan Suhu AC

Sebelum melakukan perjalanan mudik, penting untuk menyesuaikan suhu AC saat dalam perjalanan, karena suhu yang terlalu dingin dapat memicu mabuk perjalanan, yang seringkali ditandai dengan mual dan keringat dingin.



Sumber : WebMD


BERITA LAINNYA



Close Ads x