Kompas TV lifestyle kesehatan

Waspada, Ini 6 Tanda Tubuh Kekurangan Gula dalam Darah

Kompas.tv - 3 April 2024, 09:30 WIB
waspada-ini-6-tanda-tubuh-kekurangan-gula-dalam-darah
Foto ilustrasi gula. Selain gula, empat barang pelengkap konsumsi lainnya seperti teh, kopi, kecap dan saus akan dibagikan Kemenag ke jemaah calon haji Indonesia setibanya di Tanah Suci. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gula kerap dianggap sebagai salah satu makanan yang tidak sehat dan kerap dihindari. Padahal gula merupakan salah satu makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. 

Dikutip dari laman Mayo Clinic, kadar gula darah berkisar di angka 100 mg/dL dalam keadaan normal. Sementara pada kondisi kadar gula darah rendah berada di bawah 70 mg/dL, dan kondisi prediabetes di rentang 100-125 mg/dL dan diabetes melebihi 125 mg/dL.

Kekurangan asupan gula dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, yang dikenal sebagai hipoglikemia. Kondisi hipoglikemia atau tubuh yang kekurangan gula darah ini sering dialami oleh penderita diabetes, meskipun dapat juga terjadi pada pasien tanpa penyakit tersebut.

Baca Juga: Dirut PT SMIP Jadi Tersangka Kasus Korupsi Impor Gula, Diduga Manipulasi Data

Efek hipoglikemia pada tubuh harus segera ditangani. Apabila dibiarkan berisiko mengakibatkan kejang, pingsan atau hilang kesadaran, hingga kerusakan fungsi otak.

Berikut tanda-tanda tubuh kekurangan asupan gula yang patut diwaspadai.

Tanda Tubuh Kekurangan Gula Dalam Darah

1. Gangguan fungsi saraf

Salah satu tanda tubuh kekurangan gula dalam darah adalah gangguan fungsi saraf. Gangguan saraf dapat muncul dengan gejala kurangnya koordinasi, kedinginan, kulit lembab, dan berkeringat

Selain itu, kesemutan atau mati rasa di mulut adalah efek lain yang mungkin timbul jika tubuh kekurangan asupan gua galam darah.

2. Rasa lapar dan lemas

Rasa lapar dan lemas dapat menjadi salah satu gejala gula darah rendah. Gejala ini muncul karena tubuh kekurangan energi akibat kadar gula darah yang tidak mencukupi.



Sumber : Mayo Clinic

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.