Kompas TV lifestyle travel

Kabar Baik Jelang Lebaran 2024, Ini Ruas Jalan Tol yang Dapat Diskon Tarif Jasa Marga 20 Persen

Kompas.tv - 1 April 2024, 17:00 WIB
kabar-baik-jelang-lebaran-2024-ini-ruas-jalan-tol-yang-dapat-diskon-tarif-jasa-marga-20-persen
Ilustrasi. (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memutuskan memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk perjalanan melalui Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah, dan sebaliknya selama periode arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 H/Lebaran 2024.

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, menjelaskan bahwa potongan tarif ini akan berlaku untuk semua golongan kendaraan yang melintasi jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, termasuk integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Keputusan ini diambil untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan mencegah kemacetan pada periode tertentu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik. 

Baca Juga: Polisi Lakukan Grebek Sahur Bersama Para Santri Yatim Dan Dhuafa

Lisye juga menekankan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen Jasa Marga dalam prinsip Environment, Social, and Governance (ESG), serta diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dalam prediksi arus mudik, Jasa Marga memperkirakan ada peningkatan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada H-4 atau pada Sabtu, 6 April 2024, serta peningkatan jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada H+4 atau pada Senin, 15 April 2024. 

Potongan tarif tol akan diberlakukan di luar periode arus mudik dan balik tersebut, untuk memastikan distribusi lalu lintas yang lancar.

"Atas dasar tersebut, potongan tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut, agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” ujar Lisye dikutip dari Antara, Senin (1/4).

Potongan tarif tol ini akan diberlakukan dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang saat arus mudik, dan sebaliknya saat arus balik.

Dengan mobilitas masyarakat yang diperkirakan meningkat pesat pada mudik Lebaran tahun ini, Jasa Marga berharap potongan tarif tol ini dapat mendorong masyarakat untuk merencanakan perjalanan mereka lebih awal agar dapat memanfaatkan potongan tarif tol ini.

Teknis pemberlakuan potongan tarif tol ini berlaku untuk semua golongan kendaraan dan hanya berlaku untuk kendaraan yang menggunakan uang elektronik.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan mereka sebelum melakukan perjalanan, termasuk memastikan saldo uang elektronik dan BBM yang cukup, serta memeriksa kondisi kendaraan dan pengemudi.

Baca Juga: Hadapi Mudik Lebaran 2024, Terminal Guntur Siapkan Bus Cadangan


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x