Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Jenis Gangguan Makan atau Eating Disorder dan Gejalanya

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 20:15 WIB
6-jenis-gangguan-makan-atau-eating-disorder-dan-gejalanya
Ilustrasi. Gangguan makan atau eating disorder merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perilaku makan yang tidak normal. (Sumber: Elena Leya on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gangguan makan atau eating disorder merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perilaku makan yang tidak normal.

Penderita gangguan makan dapat mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan dan terobsesi pada berat badan atau bentuk tubuhnya.

Mereka menunjukkan berbagai macam perilaku makan yang berbeda, tergantung jenis gangguan makan yang diderita. Dikutip dari laman National Institute of Mental Health, eating disorder mungkin diawali dengan mengonsumsi makanan lebih sedikit atau lebih banyak daripada biasanya. 

Namun, pada tahap tertentu, rasa ingin makan lebih banyak atau lebih sedikit terus-menerus di luar keinginan.

Baca Juga: Ramai Soal Candaan Eating Disorder, Luna Maya Minta Maaf: Saya Hanya Manusia

Gangguan makan dibagi dalam beberapa kategori. Masing-masing jenis eating disorder memiliki gejala dan risiko komplikasi yang berbeda.

6 Jenis Gangguan Makan dan Gejalanya

1. Anoreksia nervosa

Anoreksia nervosa umumnya berkembang pada masa remaja dan cenderung dialami oleh perempuan. Dikutip dari laman Healthline, penderita anoreksia nervosa menganggap dirinya terlalu gemuk, meskipun sebetulnya sangat kurus. 

Mereka terus menimbang berat badan, menghindari jenis makanan tertentu, dan sangat membatasi asupan kalori. Tentunya anoreksia bisa sangat merusak tubuh. 

Seiring berjalannya waktu, individu yang mengidapnya bisa mengalami penipisan tulang, ketidaksuburan, serta rambut dan kuku yang rapuh.

Dalam kasus parah, anoreksia bisa menyebabkan kegagalan jantung, otak, multiorgan, dan kematian.

2. Binge Eating Disorder (BED)

Binge Eating Disorder (BED) menjadi salah satu penyakit kronis paling umum di kalangan remaja. Penderita BED biasanya makan dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu yang relatif singkat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x