Kompas TV lifestyle tren

Solusi Gagal Verifikasi e-KTP Aplikasi Digital Korlantas Polri

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 16:00 WIB
solusi-gagal-verifikasi-e-ktp-aplikasi-digital-korlantas-polri
Digital Korlantas Polri, aplikasi yang digunakan untuk segala urusan yang berkaitan dengan lalu lintas. (Sumber: Korlantas)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemudahan mengurus berbagai dokumen seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Banyak pemilik SIM telah merasakan manfaat dari layanan ini, yang menawarkan proses perpanjangan SIM yang efisien dan praktis tanpa harus berkepanjangan di kantor layanan.

Baca Juga: BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024 Kapan Cair? Ini Cara Cek Penerimanya di cekbansos.kemensos.go.id

Namun beberapa pengguna masih menghadapi hambatan dalam hal verifikasi elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang menjadi salah satu langkah penting dalam proses perpanjangan SIM secara online.

Menanggapi kesulitan yang dihadapi oleh sejumlah pengguna dalam verifikasi e-KTP, Digital Korlantas Polri telah memberikan serangkaian petunjuk dan tips untuk membantu mempermudah proses verifikasi.

Baca Juga: Link PDF Cuti Bersama Lebaran 2024 PNS dan SKB 3 Menteri, Mulai Tanggal Berapa?

Di antaranya adalah mengulangi proses verifikasi dengan cermat dan mencoba beberapa kali jika perlu, karena terkadang kesalahan teknis sementara bisa terjadi dan menghambat proses.

Beberapa tips penting yang disarankan untuk memastikan proses verifikasi berjalan lancar, antara lain sebagai berikut ini.

Baca Juga: Instagram Sempat Down, Akun Logout Sendiri, Kini Sudah Normal

Tips Mengatasi Gagal Verifikasi e-KTP

  1. Pastikan wajah Anda sepenuhnya terlihat dalam frame atau area foto yang disediakan.
  2. Lakukan pengambilan foto di tempat dengan pencahayaan yang memadai, agar wajah Anda terlihat jelas tanpa bayangan.
  3. Hindari penggunaan kacamata saat mengambil foto, karena ini bisa mengganggu sistem dalam mengenali wajah Anda.
  4. Perhatikan kualitas foto yang diambil, pastikan tidak buram atau blur. Kualitas foto yang baik sangat penting untuk proses verifikasi.
  5. Ikuti instruksi dan arahan yang diberikan oleh aplikasi dengan teliti, termasuk panduan gerakan atau pose tertentu jika diminta.
  6. Lakukan proses ini di tempat dengan sumber cahaya yang cukup, ruangan yang terlalu gelap akan mengurangi kualitas foto.
  7. Pastikan koneksi internet Anda stabil, karena proses verifikasi membutuhkan koneksi internet yang baik.
  8. Jika mengalami kesulitan dengan kamera depan handphone, mencoba menurunkan resolusi atau menggunakan handphone lain bisa menjadi alternatif.

Baca Juga: Atasi Tikus di Rumah, Tempat Mana Saja yang Jadi Sarang Hewan Ini?

Dengan mengikuti tips ini, proses verifikasi e-KTP dalam aplikasi Digital Korlantas Polri diharapkan bisa berjalan lebih lancar, meminimalisir kegagalan verifikasi yang kerap menjadi penghalang bagi pemilik SIM yang ingin melakukan perpanjangan secara online.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x