Kompas TV lifestyle tren

Atasi Tikus di Rumah, Tempat Mana Saja yang Jadi Sarang Hewan Ini?

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 13:05 WIB
atasi-tikus-di-rumah-tempat-mana-saja-yang-jadi-sarang-hewan-ini
Ilustrasi tikus. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah tanpa menggunakan perangkap. (Sumber: Joshua J. Cotten on Unsplash)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tikus merupakan salah satu hama yang paling sering menimbulkan masalah di rumah, mengancam kebersihan, kesehatan, dan kerusakan material.

Kehadiran tikus tidak hanya mengganggu, tetapi juga membawa risiko penyebaran penyakit. Oleh karena itu, mengusir dan mencegah tikus menjadi prioritas utama bagi banyak pemilik rumah.

Baca Juga: Simak, Berikut Jadwal Libur dan Cuti Bersama PNS untuk Lebaran 2024

Mengatasi masalah tikus dimulai dengan menjaga kebersihan rumah, menggunakan perangkap tikus hingga bahan pembasmi tikus.

Memahami dan mengidentifikasi lokasi persembunyian tikus merupakan langkah awal yang penting dalam strategi pencegahan.

Dengan menjaga kebersihan dan integritas struktur bangunan, serta mengambil tindakan pencegahan secara berkala, Anda dapat mengurangi risiko tikus menginfestasi rumah Anda.

Baca Juga: Seperti Apa Nuansa Puasa Ramadan di Zaman Kolonial Hindia Belanda?

Dikutip dari Toms Guide, berikut beberapa tempat yang menjadi langganan tikus bermukim.

Dapur

Dapur adalah surga bagi tikus karena ketersediaan makanan dan air. Persembunyian mereka sering kali berada di bawah peralatan dapur besar dan area yang jarang dibersihkan. Kebersihan dapur yang terjaga dapat mengurangi risiko invasi tikus.

Loteng

Loteng sering kali menjadi tempat favorit bagi tikus karena kondisinya yang hangat dan minim interaksi manusia. Tikus dapat dengan mudah membuat sarang dan berkembang biak di sini. Deteksi dini keberadaan tikus dapat dilihat dari tanda-tanda seperti kotoran, bau urine, dan bekas gigitan tikus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x