Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Tips Puasa Aman dan Sehat bagi Penderita Diabetes

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 03:25 WIB
8-tips-puasa-aman-dan-sehat-bagi-penderita-diabetes
Ilustrasi. Tips puasa aman dan sehat untuk penderita diabetes. (Sumber: wirestock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berpuasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib bagi muslim yang sudah dewasa. Selain karena wajib, berpuasa juga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, terdapat beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidak menjalankan puasa, salah satunya adalah penderita diabetes.

Penderita diabetes sering kali tidak disarankan untuk berpuasa karena berpotensi mengganggu pengendalian gula darah dan kadar insulin dalam tubuh.

Meski demikian, dengan langkah-langkah yang tepat, penderita diabetes masih bisa menjalankan puasa dengan aman.

Bagaimana caranya agar penderita diabetes dapat menjalankan puasa dengan aman?

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes agar dapat berpuasa tanpa mengganggu kesehatan tubuh.

1. Konsultasi ke Dokter

Bagi para penderita diabetes yang ingin menjalankan puasa Ramadan sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Dokter memiliki pengetahuan mendalam tentang kondisi kesehatan dan dapat merencanakan tindakan yang sesuai, seperti tes darah, penyesuaian obat, serta membahas risiko komplikasi diabetes yang mungkin timbul selama berpuasa.

2. Pantau Gula Darah

Dikutip dari laman Pharm Easy, salah satu kunci menjaga kesehatan selama Ramadan bagi penderita diabetes adalah dengan memantau gula darah secara rutin beberapa kali sehari.

Memantau gula darah dapat dilakukan dengan mengunjungi apotek terdekat atau bahkan melakukan pemantauan sendiri di rumah dengan menggunakan alat-alat seperti strip uji, alcohol swab, meteran glukosa, dan lancet (jarum halus).

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Sembelit Agar Tidak Mengganggu Ibadah Puasa Ramadan Anda

3. Sesuaikan Porsi Makan



Sumber : Berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x