Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Cara Mudah Atasi Sembelit Agar Tidak Mengganggu Ibadah Puasa Ramadan Anda

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 17:00 WIB
5-cara-mudah-atasi-sembelit-agar-tidak-mengganggu-ibadah-puasa-ramadan-anda
Ilustrasi. Sembelit saat berpuasa dapat menjadi penghambat untuk beribadah dan melakukan aktivitas sehari-hari di bulan Ramadan. (Sumber: katemangostar on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Selama bulan Ramadan, kebanyakan umat Muslim hanya mengonsumsi makanan saat waktu berbuka puasa dan sahur. Perubahan dalam kebiasaan makan ini tanpa disadari dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar (BAB) atau sembelit bagi sebagian orang.

Secara dasarnya, sembelit saat berpuasa Ramadan dapat terjadi karena kurangnya asupan cairan, yang mengganggu kesehatan usus. Selain itu, kurangnya perhatian terhadap jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi selama Ramadan juga dapat menjadi salah satu pemicunya.

Tentu saja, mengalami sembelit saat berpuasa dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari, meskipun masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

Mengutip dari Medical News Today, berikut adalah 5 cara mudah dalam mengatasi sembelit saat berpuasa:

1. Penuhi Asupan Karbohidrat

Kurangnya asupan karbohidrat yang kaya serat dapat menyebabkan seseorang akan mudah mengalami sembelit.

Karbohidrat kompleks tinggi serat biasanya ditemukan dalam sayuran seperti terong, tauge, selada, kacang panjang, kembang kol, wortel, dan brokoli.

Sementara itu, buah-buahan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain apel, berry, pisang, jagung, dan lainnya.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Dampak Buruk Minum Air Dingin Saat Berbuka Puasa

2. Minum Air Putih yang Cukup

Kurang minum air putih juga dapat membuat pencernaan sulit yang kemudian menyebabkan sembelit.

Sehingga sangat disarankan untuk minum air putih yang cukup mulai dari berbuka hingga sahur, agar tubuh tetap terjaga dan terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Praktis Mengatasi Sariawan saat Berpuasa

3. Olahraga

Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi gejala sembelit. Ahli kesehatan merekomendasikan peningkatan aktivitas fisik untuk membantu pergerakan usus.

4. Menahan Buang Air Besar

Menahan buang air besar (BAB) dapat menyebabkan kotoran menjadi keras dan menumpuk dalam sistem pencernaan. Kebiasaan ini sering kali menjadi pemicu sembelit.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penahanan BAB dapat menyebabkan masalah serius seperti perdarahan internal. Oleh karena itu, penting untuk tidak menahan BAB dan mengatasi sembelit dengan cara yang sehat.

Baca Juga: Perut Terasa Begah setelah Berbuka Puasa? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

5. Mengonsumsi Makanan Probiotik

Mengonsumsi lebih banyak makanan probiotik seperti yoghurt, kimchi, pisang, dan bawang putih dapat membantu mencegah sembelit.

Makanan probiotik dapat merangsang produksi asam lemak rantai pendek, yang dapat meningkatkan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar.


 



Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x