Kompas TV lifestyle travel

Benteng Pemecah Gelombang di Pantai Glagah, Destinasi Wisata saat Mudik ke Kulon Progo

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 19:25 WIB
benteng-pemecah-gelombang-di-pantai-glagah-destinasi-wisata-saat-mudik-ke-kulon-progo
Pemecah gelombang di Pantai Glagah, Kulon Progo, Yogyakarta. (Sumber: Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya))
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mudik merupakan tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia pada momen hari raya Idulfitri. Tak hanya bertemu keluarga dan sanak saudara, mudik biasanya satu paket dengan aktivitas berwisata.

Bagi mereka yang mudik ke Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau sekadar melewatinya, ada baiknya untuk berkunjung ke objek-objek wisata di sana.

Dilansir Kompas.com, saat ini ada banyak objek wisata menarik di Kulon Progo yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata yang kini menjadi salah satu ikon Kulon Progo adalah Pantai Glagah.

Baca Juga: Prabowo Subianto Temui Surya Paloh di Markas NasDem, Begini Reaksi Partai di KIM

Di pantai tersebut, terdapat pemecah gelombang yang langka sehingga membuat banyak orang penasaran. Pantai Glagah berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Pantai yang berada di selatan Bandar Udara Yogyakarta Internationa Airport (YIA) itu berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Jogja.

Benteng Pemecah Gelombang

Pemecah gelombang merupakan atraksi wisata utama yang ada di Pantai Glagah. Banyak pengunjung datang ke pantai ini untuk melihat secara langsung seperti apa pemecah gelombang tersebut. Ada dua pemecah gelombang di kawasan Pantai Glagah.

Pemecah gelombang yang banyak dikunjungi wisatawan ada di sisi barat yang menjadi satu dengan kawasan pantai pasir Glagah.

Pemecah gelombang sisi timur bisa dijangkau melalui Dermaga Adikarta. Ombak yang menghantam pemecah gelombang menjadi atraksi menarik lain di Pantai Glagah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x