Kompas TV lifestyle kuliner

10 Olahan Kurma yang Mudah Dibuat dan Cocok Disantap saat Sahur dan Berbuka Puasa

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 02:30 WIB
10-olahan-kurma-yang-mudah-dibuat-dan-cocok-disantap-saat-sahur-dan-berbuka-puasa
Ilustrasi. Kurma dapat diolah menjadi minuman menyegarkan atau cemilan nikmat untuk berbuka puasa (Sumber: Azerbaijan_stockers on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Kurma telah menjadi buah primadona saat bulan Ramadan tiba. Hal ini dikarenakan kurma dapat meningkatkan energi selama berpuasa. Selain itu, kurma juga kaya akan berbagai nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Kalori dalam kurma cenderung lebih tinggi daripada sebagian besar buah lainnya. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat dan protein, yang membuatnya memiliki kemampuan untuk memberikan rasa kenyang yang cukup.

Selain dikonsumsi secara langsung, kurma juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik seperti menjadi minuman menyegarkan atau cemilan yang nikmat.

Berikut 10 ide kreatif dalam mengolah kurma yang mudah dibuat, dan cocok disajikan sebagai tambahan menu saat berbuka puasa ataupun sahur.

1. Puding Kurma

Puding kurma adalah salah satu cemilan segar terkenal yang diminati banyak orang. Puding kuma akan lebih nikmat jika disantap dengan siraman saus yoghurt yang memiliki cita rasa asam manis yang lezat.

Hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai menu takjil untuk keluarga, karena memberikan sentuhan manis dan menyegarkan setelah berbuka puasa.

2. Susu Kurma

Susu kurma telah menjadi salah satu kreasi olahan kurma yang terkenal dan diminati banyak orang. Minuman ini sangat cocok disajikan saat berbuka puasa atau bahkan dapat dijadikan sebagai ide untuk berjualan.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman untuk Jaga Kesehatan Pencernaan, Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Susu kurma dapat dibuat dengan tambahan madu dan kacang almond untuk menambah cita rasa dan gizi, atau juga bisa ditambahkan topping seperti jelly atau cincau untuk memberikan variasi.

Susu kurma akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin, sehingga sangat disarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan.

3. Jus Kurma

Rasa manis alami dari kurma sangat cocok untuk diolah menjadi jus yang sehat dan menyegarkan. Jus kurma dapat ditambahkan dengan madu atau buah-buahan lainnya untuk memberikan variasi rasa.

Jus kurma akan menjadi lebih segar dan nikmat apabila dibuat menggunakan infused water kurma sebagai bahan dasarnya.

Karena kurma sudah memberikan rasa manis yang cukup, maka tidak perlu lagi menambahkan gula ke dalam jusnya. Sehingga jus kurma tidak hanya menawarkan rasa yang menyegarkan, tetapi juga manfaat kesehatan tanpa tambahan gula berlebihan.

4. Pisang Goreng Kurma

Salah satu olahan kurma lainnya yang bisa dibuat adalah pisang goreng kurma. Cara membuatnya cukup mudah, pipihkan pisang tanduk dan kemudian beri potongan kurma yang telah dibuang bijinya di dalamnya. Setelah itu, balur pisang dengan tepung dan goreng hingga berwarna keemasan.

Untuk meningkatkan cita rasanya, berikan olesan selai strawberry atau cokelat di atas pisang goreng kurma tersebut sebelum disajikan. 

5. Wedang Kurma

Ketika udara mulai dingin, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat wedang kurma yang hangat. Cara pembuatannya sangat sederhana, terutama jika menggunakan sari kurma.

Baca Juga: Bulan Puasa Segera Tiba, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x