Kompas TV lifestyle travel

KAI Targetkan Modifikasi 60 Kereta Ekonomi Jadi Kereta New Generation di 2024

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 08:22 WIB
kai-targetkan-modifikasi-60-kereta-ekonomi-jadi-kereta-new-generation-di-2024
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan akan memodifikasi 60 gerbong kereta ekonomi menjadi kereta New Generation di tahun ini. Sementara pada 2025, targetnya ada 52 gerbong kereta ekonomi yang akan dimodifikasi. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan akan memodifikasi 60 gerbong kereta ekonomi menjadi kereta New Generation di tahun ini. Sementara pada 2025, targetnya ada 52 gerbong kereta ekonomi yang akan dimodifikasi. 

Modifikasi akan dilakukan di tempat perawatan sarana perkeretaapian Balai Yasa di Manggarai, Jakarta. 

"KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta, sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya," kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

"Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," tambahnya. 

Baca Juga: KAI Dukung Angkutan Motor Gratis (Motis) Kemenhub, Sediakan Kereta Subsidi di 3 Lintasan

Kereta ekonomi yang belum dimodifikasi, berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus dan saling berhadapan. 

Setelah dimodifikasi menjadi kereta New Generation, kereta ekonomi jadi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.

Untuk menambah kenyamanan penumpang, jenis kursi yang digunakan diganti dengan tipe captain seat yang bisa diatur kemiringannya (reclining). Serta bisa disesuaikan agar searah laju KA atau berhadapan dengan tempat duduk lainnya (revolving).

Kereta Ekonomi New Generation hasil modifikasi tersebut juga dilengkapi dengan public information display system (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu saat itu.

Baca Juga: Kemenhub Buka Pelabuhan Bantuan untuk Mudik 2024, Pemotor Kembali Lewat Ciwandan

Selain itu, interior kereta diubah agar mirip dengan kereta eksekutif dengan kamar kecil yang dipasangi toilet duduk. Sementara itu, tempat ibadah disediakan di kereta restorasi.

"Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience sehingga KAI tetap relevan dengan perkembangan zaman," tuturnya. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x