Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kemenhub Buka Pelabuhan Bantuan untuk Mudik 2024, Pemotor Kembali Lewat Ciwandan

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 02:40 WIB
kemenhub-buka-pelabuhan-bantuan-untuk-mudik-2024-pemotor-kembali-lewat-ciwandan
Pemudik rela tidur di sepeda motor sembari menunggu antrean di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Rabu (19/4/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

CILEGON, KOMPAS.TV- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub bersama pihak terkait akan kembali mengaktifkan pelabuhan perbantuan di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. 

Dirjen Hubdat Kemenhub, Hendro Sugiatno mengatakan, pergerakan orang pada Angkutan Lebaran 2024 diprediksi naik sebesar 15% mengacu dari realisasi Angkutan Lebaran tahun lalu.

"Pada Lebaran tahun ini, akan dioperasikan kembali beberapa pelabuhan perbantuan untuk memecah kepadatan kendaraan. Seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu dan Pelabuhan Indah Kiat (emergency) yang mengarah ke Pulau Sumatera," kata Hendro dalam rapat koordinasi dengan ASDP, Korlantas, dan beberapa stakeholder terkait, di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Waspada, BMKG Sebut Cuaca Ekstem Berlangsung hingga Mudik Lebaran 2024

Ia mengatakan, rencananya akan dioperasikan 55 kapal (ekspres dan reguler) di lintas Merak-Bakauheni.

Sementara di lintas Ciwandan - Bakauheni disiapkan 10 kapal dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) - Muara Pilu akan dilayani 5 kapal.

Kemudian, layanan penyeberangan dari Jawa menuju Sumatera selama periode mudik akan terbagi melalui tiga operasional pelabuhan yakni ASDP Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara.

"Pelabuhan ASDP Merak akan layani penumpang golongan penumpang pejalan kaki, kendaraan roda empat, dan bus serta truk golongan VB," ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN. 

Baca Juga: PELNI Buka Pemesanan Tiket Mudik Kapal Laut pada H-40 Lebaran 2024

"Sementara pelabuhan Ciwandan dibuka untuk melayani kendaraan roda dua dan truk golongan VIB dan VII. Adapun pelabuhan BBJ Bojonegara akan khusus menyeberangkan truk golongan VIII dan IX," tambahnya. 

Pemudik yang membeli tiket melalui Ferizy, nantinya akan tercantum informasi pada tiket dari pelabuhan mana lokasi pemberangkatan penyeberangan kapal ferry sesuai golongan yang telah dipilih sebelumnya.

Sehingga pemudik harus teliti saat memilih pelabuhan keberangkatan. 

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menambahkan, ASDP bersinergi dengan instansi berwenang akan menjaga v/c ratio dibawah 0.8 selama periode angkutan lebaran.

Baca Juga: Link, Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024 via Kapal Laut, Dibuka Hari Ini

v/c ratio merupakan perbandingan dari volume lalu lintas dibagi dengan kapasitas jalan.

V/c ratio maksinal 0.8 masih dalam tahap aman, tapi jika melewati angka itu akan terjadi penumpukan kendaraan jika ada gangguan sedikit saja di jalan. 

"Sehingga kelancaran arus kendaraan baik dari maupun menuju area sekitar pelabuhan dapat terwujud," ucap Ira.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x