Kompas TV lifestyle kesehatan

3 Olahraga yang Dapat Dilakukan saat Berpuasa Ramadan

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 04:30 WIB
3-olahraga-yang-dapat-dilakukan-saat-berpuasa-ramadan
Ilustrasi. Jenis olahraga yang dapat dilakukan selama berpuasa Ramadan. (Sumber: Partystock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebagian orang memandang berpuasa Ramadan sebagai kesempatan ideal untuk menurunkan berat badan secara sehat. Meskipun demikian, tidak sedikit juga orang yang justru mengalami peningkatan berat badan saat menjalani puasa Ramadan. 

Naiknya berat badan saat berpuasa disebabkan oleh konsumsi makanan berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik selama periode puasa.

Padahal, melakukan olahraga saat berpuasa dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya tidak diabaikan. 

Aktivitas fisik saat berpuasa dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan otak, saraf, dan meningkatkan serat otot. Proses pembakaran lemak lebih cepat terjadi karena kurangnya karbohidrat selama berpuasa.

Selain itu, olahraga saat berpuasa dapat merangsang fleksibilitas tubuh, mendorong peremajaan, dan membantu menjaga berat badan.

Dikutip dari laman Universitas Negeri Surabaya, berikut 3 rekomendasi olahraga yang dapat dilakukan selama berpuasa Ramadan.

1. Latihan Kekuatan Otot

Latihan kekuatan otot merupakan bagian penting dari rutinitas olahraga.

Meskipun tidak perlu terlalu berat, latihan ini sangat efektif untuk meningkatkan tingkat kebugaran dan membentuk tubuh yang ideal sambil membakar lemak.

Jenis latihan ini mencakup push-up, sit-up, plank, dan latihan lainnya yang fokus melatih beberapa bagian otot tertentu.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa yang Mudah Dibuat, Ini Bahan-Bahan dan Cara Mengolahnya

3. Latihan Kelentukan




Sumber : Unesa.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x