Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Mengenal Tranexamic Acid, Kandungan Skincare yang Tengah Populer

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 06:45 WIB
mengenal-tranexamic-acid-kandungan-skincare-yang-tengah-populer
Ilustrasi. Tranexamic acid atau asam traneksamat merupakan bahan aktif dari golongan asam yang terkenal akan berbagai manfaatnya yang bagus untuk kulit. (Sumber: Shutterstock/via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tranexamic acid (TXA) merupakan kandungan produk perawatan kulit atau skincare yang tengah populer saat ini.

Tranexamic acid atau asam traneksamat merupakan bahan aktif dari golongan asam yang terkenal akan berbagai manfaatnya yang bagus untuk kulit.

Dilansir laman Medical News Today, bahan aktif ini diklaim mampu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, flek hitam hingga melasma.

TXA bisa mengubah cara sel memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Bahan aktif ini dapat mengubah jalur di kulit yang mungkin menyebabkan warna kulit tidak merata. Hal inilah yang membuat tranexamic acid bisa mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit.

Baca Juga: Jangan Asal Campur, Ini 9 Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Secara Bersamaan

5 Manfaat Tranexamic Acid untuk Kulit Wajah

1. Memudarkan bintik matahari

Tranexamic acid bisa memudarkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, seperti bintik matahari dan bintik penuaan.

Sebuah studi pada 2021 menunjukkan, obat topikal yang mengandung TXA bisa meningkatkan warna kulit keseluruhan peserta secara efektif.

Senyawa ini juga mampu mengurangi kemerahan, pembengkakan dan bintik hitam pada kulit yang terjadi akibat sinar matahari.

2. Memperkuat pelindung kulit

Lapisan terluar kulit merupakan lapisan yang penting karena berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman dan racun. Lapisan penghalang kulit ini dapat mempertahankan kelembapan dan mencegah kulit wajah kehilangan air.

Beberapa peneliti sudah mengaitkan kondisi kulit tertentu, seperti rosacea, dengan penghalang kulit yang rusak.



Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x