Kompas TV lifestyle tren

Lupa Mandi Junub, Apakah Puasanya Batal? Ini Kata Ustaz

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 04:00 WIB
lupa-mandi-junub-apakah-puasanya-batal-ini-kata-ustaz
Ilustrasi. Niat dan tata cara mandi wajib setelah haid untuk persiapan Hari Raya Idulfitri (Sumber: iStockphoto/skynesher)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana hukumnya jika badan masih dalam kondisi junub namun tetap menjalankan ibadah puasa? Apakah puasanya batal?

Ustaz Muhammad Nur Maulana menyampaikan bahwa mereka yang dalam keadaan junub namun lupa untuk mandi wajib setelah tiba waktu imsak, puasanya tetap sah. Kondisi lupa di sini yang dimaksud adalah tidak disengaja atau ketiduran.

"Tidak batal puasanya," ujar ustaz Maulana saat dihubungi Kompas.com

"Yang berhubungan badan di malam hari, aman. Berarti dia tetap makan tadi pagi (sahur), tapi nanti wajib mandi junub karena kan mau salat subuh," imbuhnya.

Baca Juga: WNA Taiwan Hilang Usai Kapal yang Dinaikinya Terbalik di Kepulauan Seribu, Begini Ciri-cirinya

Ustaz Maulana juga menyampaikan, mandi junub atau mandi wajib juga berlaku bagi orang yang mengalami mimpi basah di siang hari.

"Seseorang yang mimpi basah di siang hari, berarti dia wajib mandi junub, tapi tidak batal puasanya," kata ustaz Maulana.

Dalam mandi junub, ia juga menyarankan masyarakat agar tidak menunda-nunda pelaksanaan mandi junub begitu tahu bahwa dirinya dalam keadaan tidak suci.

"Iya, segera mandi junub, jangan ditunda-tunda karena yang terganggu nanti waktu salat," lanjut dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x