Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Greek Yoghurt, Pilihan Makanan Sehat untuk Diet Rendah Karbohidrat

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 17:00 WIB
7-manfaat-greek-yoghurt-pilihan-makanan-sehat-untuk-diet-rendah-karbohidrat
Ilustrasi yoghurt (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Greek yoghurt atau yoghurt Yunani adalah produk olahan susu yang kaya akan protein. yoghurt ini dibuat dengan proses penyaringan untuk menghilangkan kandungan protein whey, yaitu laktosa atau gula alami dalam susu.

Greek yoghurt dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk diet rendah karbohidrat. Dikutip dari laman Healthline, kandungan gula yoghurt jenis ini lebih rendah, dibandingkan yoghurt biasa.

Namun, yoghurt yunani ini tetap memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi. Greek yoghurt juga memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak dibanding dari jenis lainnya. 

Greek yoghurt juga bisa dikonsumsi untuk membantu menambah massa otot pada tubuh. Jenis ini lebih mudah dicerna dan cenderung aman dikonsumsi oleh orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Baca Juga: Hidangan Khas Berbuka Puasa di China: Roti Panggang, Roti Canai, dan Yoghurt

Yoghurt ini juga merupakan sumber yang baik dari sejumlah nutrisi dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Berikut manfaat greek yoghurt untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu jaga kesehatan mental

Manfaat greek yoghurt selanjutnya adalah dapat membantu jaga kesehatan mental. Penelitian yang ditulis Nutritional Neuroscience pada 2016 menyebut, pekerja yang mengonsumsi 100 gram yoghurt probiotik setiap hari mengalami lebih sedikit stres, depresi, dan kecemasan daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Manfaat dari greek yoghurt ini disebabkan oleh hubungan antara usus dan otak, dan kemampuan usus untuk membuat neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin. Probiotik dalam Greek yoghurt dapat memengaruhi suasana hati dan menurunkan aktivitas di bagian otak yang bertanggung jawab atas rasa sakit dan emosi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein yang terkandung dalam greek yoghurt akan membuat Anda kenyang lebih lama. Menurut penelitian, peningkatan protein makanan membuat kamu mengonsumsi kalori yang lebih sedikit, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Greek yoghurt dapat membantu melawan lemak perut. Menurut sebuah studi yang dipresentasikan pada konferensi tahunan Society for Endocrinology, ketika protein dicerna dan dipecah, salah satu asam amino yang dihasilkan, yakni fenilalanin. 

Senyawa tersebut akan memicu hormon yang membantu mengurangi nafsu makan, sehingga membantu penurunan berat badan.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Makanan tinggi protein seperti greek yoghurt dapat meningkatkan metabolisme. Kombinasikan dengan makanan sehat lain yang mengandung cukup protein, karbohidrat berserat, dan lemak untuk membantu meningkatkan metabolisme secara optimal.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x