Kompas TV lifestyle kesehatan

Cocok untuk Menu Berbuka Puasa, Ini 7 Manfaat Blewah untuk Kesehatan

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 07:00 WIB
cocok-untuk-menu-berbuka-puasa-ini-7-manfaat-blewah-untuk-kesehatan
Kolase foto buah blewah dalam keadaan utuh serta yang sudah dioalah menjadi minuman cocok untuk santapan sahur dan buka puasa di bulan Ramadan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Blewah (Cucumis melo L.) merupakan buah tropis yang identik dengan musim panas. Daging buahnya yang berwarna oranye dan berair menjadikannya pilihan menyegarkan untuk melepas dahaga, terutama saat berbuka puasa. 

Selain rasanya yang lezat, blewah juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari laman National Institutes of Health, blewah kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan serat. 

Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Berikut beberapa manfaat blewah untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Resep Takjil Buka Puasa Ramadan yang Segar, dari Es Teler, Es Blewah hingga Es Kuwut

7 Manfaat Blewah untuk Kesehatan

1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air pada blewah sangat tinggi, yaitu sekitar 90 persen. Hal ini membuat blewah menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah dehidrasi, terutama saat cuaca panas atau setelah berolahraga.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Blewah kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Blewah cukup baik bagi pencernaan tubuh karena bermanfaat untuk membuang racun dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. 

Manfaat buah blewah juga dapat membantu tubuh dalam mencerna karbohidrat. Selain itu, makan buah ini juga bisa mencegah gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Blewah kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Antioksidan dalam blewah membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Blewah mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata degeneratif seperti katarak dan rabun senja.

Selain itu, vitamin A yang memiliki sifat antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko terkena gangguan mata terkait penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Blewah mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Nutrisi-nutrisi penting dalam buah blewah, seperti serat, kalium, vitamin C, dan kolin memiliki peranan dalam mendukung kesehatan jantung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x