Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Jangan Sembarangan Beli, Ini 6 Efek Samping Body Bleaching

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 10:15 WIB
jangan-sembarangan-beli-ini-6-efek-samping-body-bleaching
Ilustrasi. Metode memutihkan kulit dengan body bleaching dapat membawa efek buruk pada tubuh.(Sumber: Clarissa Watson on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu cara mencerahkan kulit yang tengah populer adalah dengan menggunakan body bleaching yang bisa berupa krim, sabun, atau obat-obatan. 

Sayangnya, metode memutihkan kulit dengan body bleaching dapat membawa efek buruk pada tubuh. Dilansir laman Healthline, Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) tidak merekomendasikan beberapa produk body bleaching.

Terlebih, ada banyak produk body bleaching yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti merkuri atau hidrokuinon. Berikut efek samping body bleaching yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakannya.

Baca Juga: Yagi Forest Hadirkan Produk Perawatan Tubuh Terinspirasi Forest Bathing

6 Efek Samping Body Bleaching

1. Iritasi kulit

Efek samping body bleaching yang paling ringan adalah iritasi kulit. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan, bahan kimia seperti merkuri dapat memicu terjadinya iritasi kulit. 

Gejala yang bisa dialami oleh penderita di antaranya perih, gatal, dan kulit yang kemerahan. 

2. Keracunan merkuri

Ada banyak produk body bleaching mengandung merkuri yang beredar di pasaran. Meski tak semua produk jenis ini terbukti berbahaya, Anda harus tetap waspada. 

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Health & Pollution, merkuri sering ditambahkan ke produk pencerah kulit untuk membantu menghambat pembentukan melanin.

Pada orang-orang berkulit gelap, melanin atau pigmen yang memberi warna alami pada kulit seseorang, diproduksi lebih banyak dibandingkan pada orang yang berkulit terang. 

Penggunaan merkuri dipercaya dapat mencerahkan warna kulit. Sayangnya, merkuri merupakan bahan berbahaya yang dapat merusak kesehatan kulit. 

Paparan merkuri dapat menunjukkan gejala keracunan merkuri, sehingga menimbulkan efek samping ruam kemerahan, gatal, lapisan kulit menipis, mati rasa, hipertensi, hingga emosi yang tidak stabil. 

3. Jerawat steroid



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x