Kompas TV lifestyle tren

Hari Galentine: Perayaan Persahabatan Perempuan, Begini Sejarah dan Maknanya

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 18:55 WIB
hari-galentine-perayaan-persahabatan-perempuan-begini-sejarah-dan-maknanya
Ilustrasi. Persahabatan perempuan di Hari Galentine (Sumber: teksomolika on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Bulan Februari dikenal sebagai bulan yang identik dengan perayaan Hari Valentine, yang diperingati sebagai hari kasih sayang sedunia dan jatuh pada tanggal 14 Februari.

Momen ini menjadi kesempatan bagi pasangan kekasih untuk saling mengekspresikan perasaan cinta mereka satu sama lain. Namun, di dalam bulan yang sama, terdapat perayaan lain yang tak kalah penting, yaitu Hari Galentine.

Lantas, apa itu Hari Galentine?

Mengutip dari National Today, Hari Galentine merupakan sebuah perayaan yang dirancang khusus untuk merayakan persahabatan di antara para perempuan dengan teman dekat, maupun rekan kerja.

Perayaan ini menunjukkan bahwa cinta dan apresiasi tidak hanya terbatas pada hubungan romantis, tetapi juga pada ikatan persahabatan yang kuat di antara perempuan.

Hari Galentine sering kali diisi dengan kegiatan-kegiatan yang memperkuat hubungan persahabatan, seperti pertemuan bersama teman-teman perempuan, berbagi cerita, atau memberikan hadiah sebagai tanda penghargaan atas persahabatan yang telah terjalin.

Dengan demikian, bulan Februari menjadi momen yang beragam dalam merayakan cinta, baik itu dalam konteks romantis maupun persahabatan.

Sejarah Hari Galentine

Hari Galentine memiliki tanggal khusus, yaitu setiap tanggal 13 Februari, yang jatuh satu hari sebelum perayaan Hari Valentine. Peringatan ini umumnya berfokus pada hubungan romantis dengan lawan jenis.

Hari Galentine sebenarnya berasal dari dunia hiburan dan merupakan momen yang diciptakan dalam serial televisi Amerika Serikat yang populer, Parks and Recreation.

Baca Juga: 3 Capres Bahas Isu Perempuan di Debat Terakhir Pilpres 2024, Sudah Cukup Mewakili? [NEWSVLOG]

Tradisi ini pertama kali muncul pada episode "Galentine's Day" yang ditayangkan pada tahun 2010. Dalam episode tersebut, karakter utama, Leslie Knope, merayakan Hari Galentine dengan mengumpulkan teman-teman perempuannya untuk merayakan persahabatan dan menyampaikan apresiasi satu sama lain.

Sejak munculnya konsep Hari Galentine dalam Parks and Recreation, perayaan ini telah menjadi tren di kalangan beberapa orang yang melihatnya sebagai kesempatan untuk merayakan persahabatan wanita dengan cara yang istimewa, di luar perayaan Hari Valentine yang umumnya lebih terfokus pada aspek romantis.

Karakter Leslie Knope dalam serial Parks and Recreation dikenal sebagai pelopor perayaan Galentine's Day.

Dalam dialognya, Leslie menjelaskan bahwa pada setiap tanggal 13 Februari, ia dan teman-teman wanitanya meninggalkan suami dan pacar mereka di rumah untuk merayakan Hari Galentine dengan gaya sarapan.



Sumber : National Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x