Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Manfaat Buah Bit, Cegah Serangan Jantung hingga Tingkatkan Stamina

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 15:00 WIB
8-manfaat-buah-bit-cegah-serangan-jantung-hingga-tingkatkan-stamina
Buah bit. Banyak manfaat dari buah ini untuk kesehatan tubuh, (Sumber: diskes.badungkab.go.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Buah bit atau Beta vulgaris merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat. Buah jenis ini masih satu keluarga dengan umbi-umbian karena tumbuh di dalam tanah.

Ciri khas buah bit adalah warna daging yang cerah dan tekstur yang renyah. Buah jenis ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dipanggang, dikukus, diasinkan, dan dijadikan jus.

Dikutip dari laman Healthline, buah bit kaya akan kandungan protein, serat, antioksidan, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan B6. Buah ini juga memiliki kandungan rendah lemak dan kalori yang aman bagi tubuh.

Buah bit kaya akan nutrisi, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari laman Very Well Health, berikut manfaat buat bit untuk kesehatan.

Baca Juga: Teh Bergamot Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, tapi Ada Efek Sampingnya, Apa Saja?

Manfaat Buah Bit

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Buat bist kaya akan kandungan oksida nitrat yang berfungsi untuk pelebaran pembuluh darah, melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Konsumsi segelas jus bit 200-250 ml atau menambahkan 80-100 gram bit ke dalam salad dapat membantu menurunkan hipertensi.

Namun efek buah bit hanya akan bertahan sekitar enam jam saja. Oleh karena itu, buah bit hanya membantu sementara untuk menyeimbangkan tekanan darah dan konsumsi secara teratur mungkin bermanfaat.

Selain itu, kandungan pigmen merah betasianin dan antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

2. Mengontrol gula darah

Bit mengandung antioksidan yang disebut asam alfa-lipoat yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Kandungan asam alfa-lipoat membantu menurunkan kadar gula darah, jika diberikan secara oral atau intravena.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah bit adalah salah satu sumber serat dan asam amino yang sangat kaya. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu melancarkan pencernaan.

Hal ini membantu mengatur pergerakan usus Anda dan dapat meredakan sembelit. Bit ramah terhadap usus, sehingga menambah jumlah tinja dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dalam sistem pencernaan.

4. Mencegah anemia

Bit mengandung zat besi dan asam folat dalam jumlah tinggi. Kangungan tersebut membantu tubuh menghasilkan sel darah merah.




Sumber : Kompas TV, Very Well Health, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x