Kompas TV lifestyle tren

6 Buah yang Dianggap Membawa Keberuntungan pada Perayaan Imlek, Mana Favoritmu?

Kompas.tv - 10 Februari 2024, 08:02 WIB
6-buah-yang-dianggap-membawa-keberuntungan-pada-perayaan-imlek-mana-favoritmu
Ilustrasi. Buah yang dapat membawa keberuntungan saat Tahun Baru Imlek (Sumber: pressfoto on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Selain hidangan keberuntungan, buah-buahan juga memegang peran penting dalam perayaan Imlek. Buah-buahan memiliki nilai simbolis dan tradisional yang memberikan makna positif pada momen bersejarah tersebut.

Selama perayaan Imlek, buah dianggap sebagai suatu keharusan untuk disajikan, karena diyakini dapat mendatangkan keberuntungan bagi rumah tangga.

Keberadaan buah-buahan dalam hidangan menjadi simbol positif yang memperkaya tradisi dan keyakinan dalam menyambut tahun baru.

Buah Keberuntungan Imlek

Mengutip dari China Highlights dan Top China Travel, berikut adalah 6 buah pembawa keberuntungan yang biasa disajikan dalam perayaan Imlek.

1. Jeruk: Kelimpahan dan Kebahagiaan

Jeruk sangat terkenal sejak beberapa minggu sebelum Festival Musim Semi, di mana pot-pot tanaman dengan miniatur jeruk atau pohon Kumquat mulai bermekaran.

Dengan penampilannya yang menyerupai matahari dan selaras dengan prinsip Yang (positif), jeruk menjadi simbol yang sangat menguntungkan, dari kelimpahan dan kebahagiaan.

Selain itu, jeruk juga mencerminkan konsep "pohon keberuntungan yang berbuah,"

Sudah menjadi tradisi untuk menempatkan jeruk mandarin bersama amplop merah di sebelah bantal anak-anak di setiap rumah tangga Tionghoa, karena diyakini dapat membawa keberuntungan bagi mereka.

Baca Juga: Arti Gong Xi Fa Cai dan Xin Nian Kuai Le, Kalimat Bahasa Mandarin untuk Ucapan Selamat Imlek

Jeruk mandarin juga sering ditempatkan di wadah nasi keluarga sebagai simbol berkah untuk seluruh keluarga, dan juga dijadikan sebagai hadiah yang bermakna.

Tanaman jeruk dalam pot menjadi pilihan dekorasi ideal di dalam ruangan selama perayaan Imlek dan dapat ditemukan di berbagai pasar bunga.

2. Semangka: Kekayaan dan Kemakmuran

Semangka dianggap sebagai pembawa keberuntungan dalam menyambut perayaan Imlek 2024. Buah yang satu ini diakui sebagai simbol kekayaan, mewakili sumber kemakmuran bagi mereka yang merayakannya.

Selain itu, semangka juga dipandang sebagai simbol kesuburan karena kandungan biji yang melimpah di dalamnya.

Keberadaan semangka dalam perayaan ini menjadi representasi harapan akan kekayaan, kemakmuran, dan kelimpahan dalam kehidupan pada tahun yang baru.

3. Apel: Harmoni dan Kedamaian



Sumber :  China Highlights, Top China Travel


BERITA LAINNYA



Close Ads x