Kompas TV lifestyle tren

4 Rekomendasi Minyak Esensial yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Menurut Penelitian

Kompas.tv - 6 Februari 2024, 21:00 WIB
4-rekomendasi-minyak-esensial-yang-dapat-meningkatkan-kualitas-tidur-menurut-penelitian
Menurut Penelitian, menghirup minyak esensial dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas tidur. (Sumber: Lifestylememory on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Minyak esensial, atau yang juga dikenal sebagai minyak atsiri, merupakan ekstrak aroma atau rasa yang diekstraksi dari tanaman tertentu.

Minyak esensial sering digunakan sebagai aromaterapi, yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi tekanan darah, mengurangi rasa sakit, mengurangi depresi, mengurangi kecemasan dan stres.

Selain manfaat tersebut, minyak esensial juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Para ahli percaya bahwa ketika kita menghirup minyak esensial, molekul-molekulnya menempel pada bohlam penciuman di hidung.

Setelah itu, molekul-molekul tersebut mengirimkan sinyal ke bagian otak yang terlibat dalam respons emosional dan perilaku. Bagian ini kemudian melepaskan neurotransmiter yang memicu efek emosional atau perilaku tertentu.

Ada tiga neurotransmiter yang berbeda dan efek terkaitnya, yaitu:

  • Serotonin: Meningkatkan perasaan tenang dan juga terlibat dalam produksi melatonin, yang membantu meningkatkan kualitas tidur,
  • Endorfin: Meningkatkan perasaan euforia dan juga memiliki efek sedatif,
  • Noradrenalin: Bertindak sebagai stimulan.

Mengutip dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa minyak esensial yang dapat meningkatkan perasaan ketenangan dan relaksasi, serta berpotensi membantu seseorang mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

1. Lavender

Lavender dikenal sebagai minyak esensial populer berkat manfaat kesehatannya yang serbaguna.

Menurut ulasan pada tahun 2019, aroma lavender memiliki efek menenangkan yang dapat memperbaiki insomnia dan meningkatkan kualitas serta durasi tidur.

Baca Juga: 5 Jenis Minyak Esensial yang Efektif Usir Nyamuk, Aman dan Mudah Digunakan di Rumah

Aroma lavender memiliki manfaat dalam mengurangi kecemasan, stres, kelelahan, hingga gejala depresi. 

Tidak hanya itu, aroma lavender juga dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi sakit kepala, serta mengurangi rasa sakit dan penyembuhan luka.

Penelitian lain pada tahun 2021 juga menunjukkan bahwa menghirup aroma lavender secara signifikan, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada individu yang mengalami depresi berat.

2. Chamomile



Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x