Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Jenis Minyak Esensial yang Efektif Usir Nyamuk, Aman dan Mudah Digunakan di Rumah

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 03:05 WIB
5-jenis-minyak-esensial-yang-efektif-usir-nyamuk-aman-dan-mudah-digunakan-di-rumah
Ilustrasi. Lima jenis minyak esensial yang efektif dalam mengusir nyamuk. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Gigitan nyamuk bisa sangat mengganggu karena dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, dan membentuk benjolan.

Jika tidak diatasi, beberapa jenis nyamuk dapat menyebarkan penyakit serius seperti malaria dan demam berdarah.

Untuk mengusir nyamuk, semprotan anti-nyamuk bisa menjadi solusi yang efektif.

Meski demikian, sebaiknya hindari penggunaan produk tersebut karena semprotan anti-nyamuk mengandung bahan kimia yang mungkin berisiko terhadap kesehatan dan lingkungan.

Mengutip Healthline, ada lima jenis minyak esensial yang dapat digunakan sebagai opsi pengganti dalam mengusir nyamuk, seperti berikut ini.

1. Minyak Lavender Oil

Lavender essential oil terbukti efektif dalam mengusir nyamuk yang dibuktikan dalam penelitian terhadap tikus tanpa bulu pada tahun 2002.

Baca Juga: 6 Minyak Esensial untuk Atasi Hidung Tersumbat, Begini Cara Menggunakannya

Minyak esensial ini memiliki sifat analgesik, anti-jamur, dan antiseptik yang tidak hanya mencegah gigitan nyamuk, tetapi juga memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pada kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan sedikit lavender essential oil pada kain bersih dan menggosokkannya ke kulit untuk mencegah gigitan nyamuk.

2. Lemon Eucalyptus Oil

Lemon eucalyptus oil adalah salah satu minyak esensial penolak nyamuk alami yang terkenal dan telah digunakan sejak tahun 1940-an.

Manfaat ini juga didukung oleh Centers for Disease Control and Prevention, yang menyetujui efektivitas lemon eucalyptus oil dalam mengusir nyamuk. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa campuran 32% lemon eucalyptus oil memberikan lebih dari 95% perlindungan terhadap nyamuk selama 3 jam.




Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x