Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat! Ini 8 Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 22:05 WIB
catat-ini-8-buah-yang-aman-dikonsumsi-untuk-penderita-asam-lambung
Ilustrasi. Buah yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. (Sumber: lifeforstock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Penyakit asam lambung adalah ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan, dan menyebabkan nyeri pada ulu hati dan gejala lainnya.

Individu yang menderita penyakit ini umumnya mengalami refluks asam ringan setidaknya dua kali seminggu, dengan kasus parah setiap minggu. Refluks sendiri adalah naiknya makanan yang ditampung dalam lambung beserta cairan asam lambung ke esofagus.

Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memahami bagaimana meredakan gejala dengan melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan.

Penderita asam lambung harus hati-hati dalam memilih makanan, termasuk buah-buahan. Beberapa buah dengan rasa asam, seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, dan jeruk bali, dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Selain buah-buahan yang disebutkan, masih banyak buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Bahkan, beberapa buah dapat membantu meredakan gejala penyakit tersebut.

Mengutip Gramedia.com, berikut ini adalah 8 rekomendasi buah yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

1. Pisang

Pisang, dengan kandungan nutrisi tinggi, mudah dicerna, dan mengandung potasium, dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Potasium dalam pisang juga berperan dalam mengontrol keseimbangan asam-basa di tubuh.

Baca Juga: Catat! Ini 4 Rekomendasi Buah Rendah Serat yang Aman untuk Penderita Diare

Dibandingkan dengan buah lainnya, pisang memiliki pH atau tingkat keasaman sekitar 5, yang tidak terlalu asam. Makanan dianggap asam jika pH-nya kurang dari 7, dan semakin rendah angkanya, semakin asam makanan tersebut.

Oleh karena itu, pisang cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan dapat membantu meredakannya.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan mudah ditemui. Dengan pH yang tidak terlalu asam, pepaya tetap mengandung nutrisi baik seperti karoten dan vitamin C.

Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan, mempermudah penguraian protein, dan memungkinkan protein dipecah menjadi asam amino dengan lebih mudah.

3. Buah Kepala

Kelapa, baik daging maupun airnya, tidak termasuk dalam golongan asam, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Air kelapa tidak hanya menjaga suhu tubuh tetap normal, tetapi juga dapat menghambat peradangan pada lambung.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Teh Herbal yang Efektif untuk Meredakan Asam Lambung, Ada Favoritmu?

Kandungan mineral kalium dan senyawa lain dalam kelapa dapat meningkatkan kelancaran sistem pencernaan.



Sumber : Gramedia.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x