Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Jenis Ikan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 06:00 WIB
5-jenis-ikan-yang-harus-dihindari-penderita-diabetes-ada-apa-saja
Ilustrasi Ikan Tuna Ekspor (Sumber: KOMPAS.TV/ MAMAT KAIDA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Penderita diabetes perlu menjaga pola makannya agar kadar gula darah tetap terkontrol. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memilih makanan yang tepat. Ikan merupakan salah satu makanan yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Ikan mengandung protein, omega-3, dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Namun, ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Dikutip dari laman Fatty Crab, ikan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes adalah ikan tinggi merkuri. Selain itu, ikan dengan kandungan asam lemak atau omaga-6 yang tinggi juga wajib dihindari.

Baca Juga: Simak, Ini 9 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Tubuh: dari Cegah Osteoporosis hingga Diabetes!

Berikut jenis ikan yang harus dihindari penderita diabetes.

1. King makarel

Ikan king makarel adalah jenis ikan yang hidup di perairan tropis dan subtropis. Ikan ini ditemukan di hampir pesisir seluruh dunia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyebut ikan jenis ini mengandung merkuri tingkat tinggi yang berbahaya bagi otak dan sistem saraf. Khusus penderita diabetes, risiko ini lebih signifikan karena kerusakan saraf yang mungkin dialami penderita.

2. Ikan todak

Ikan todak atau juga disebut swordfish memiliki ciri khas rahang atas dan moncong yang memanjang menyerupai pedang pipih. Ikan jenis ini berukuran cukup besar dengan daging yang banyak dan rasa lezat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x