Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak, Ini 9 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Tubuh: dari Cegah Osteoporosis hingga Diabetes!

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 05:40 WIB
simak-ini-9-manfaat-sawi-putih-untuk-kesehatan-tubuh-dari-cegah-osteoporosis-hingga-diabetes
Ilustrasi Sawi Putih (Sumber: WIKIMEDIA COMMONS/SKREPPVIN)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Sawi putih, sebagai bagian dari keluarga tanaman sayuran cruciferae atau kubis-kubisan, memiliki daun dan bunga yang khas berbentuk vas kembang.

Sawi putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya dalam mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin K yang tinggi dalam sawi putih, yang memiliki peran penting dalam kesehatan tulang.

Tingginya kandungan vitamin K juga menjadikan sawi putih bermanfaat untuk pembekuan darah, mempercepat proses penyembuhan luka.

Lebih dari itu, sawi putih memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit lainnya. Dikutip dari laman Medical News Today dan Universitas Muhammadiyah Surabaya, berikut adalah daftar manfaatnya.

1. Mencegah Osteoporosis dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Sawi putih sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dengan mendukung pembentukan dan mempertahankan kualitas tulang, menghambat risiko tulang keropos. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin K dalam sawi putih.

Selain itu, kandungan vitamin K tersebut juga berperan dalam pembekuan darah, mempercepat proses penyembuhan luka. Sehingga, sawi putih tidak hanya mendukung kesehatan tulang, tetapi juga mendukung penyembuhan yang efisien pada luka.

Baca Juga: Catat, 14 Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan Tubuh! Bisa Atasi Ambeien Hingga Melancarkan Haid

2. Mencegah Penyakit Jantung

Sawi putih membantu mencegah penyakit jantung dengan mengandung vitamin E, betakaroten, dan vitamin C. Zat-zat tersebut efektif dalam mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.

Selain itu, kandungan niasin dalam sawi juga berperan dalam mengurangi proses aterosklerosis, sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Sawi putih membantu menjaga kesehatan mata dengan menyediakan vitamin A dan alfa-karoten, yang berkontribusi positif terhadap kesehatan kornea mata.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam sawi putih melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan demikian, konsumsi sawi putih dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata, seperti rabun senja dan katarak, serta memberikan dukungan untuk menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.



Sumber : Medical News Today, Universitas Muhammadiyah Surabaya


BERITA LAINNYA



Close Ads x