Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Tanaman yang Bisa Sembuhkan Penyakit Mata, Salah Satunya Bisa Sembuhkan Mata Minus

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 05:00 WIB
5-tanaman-yang-bisa-sembuhkan-penyakit-mata-salah-satunya-bisa-sembuhkan-mata-minus
Ilustrasi. Mata sangat rentan terhadap gangguan kesehatan sehingga jika tidak ditangani serius, akan menyebabkan kebutaan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Mata merupakan organ penting bagi tubuh yang berguna untuk menangkap dan mengirimkan informasi visual kepada otak. Mata sangat rentan terhadap gangguan kesehatan jika tidak dirawat dengan baik.

Gangguan pada mata, seperti mata merah akibat iritasi atau penyakit, masalah minus, glaukoma, dapat berujung pada kebutaan jika tidak ditangani dengan serius.

Ada berbagai pengobatan penyakit mata, di antaranya menggunakan obat-obatan berbahan kimia, atau memanfaatkan tanaman herbal yang tersedia di sekitar.

Beberapa jenis tanaman herbal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan mata dan dapat membantu mengobati keluhan tanpa efek samping. Tanaman-tanaman ini dapat diolah dengan berbagai cara, baik dikonsumsi secara langsung atau dijadikan obat tetes mata.

Mengutip dari Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit, berikut adalah 5 tanaman herbal yang ampuh sembuhkan sakit mata.

1. Daun Sirih

Daun sirih dianggap sebagai solusi alami untuk mengatasi mata minus.

Caranya cukup dengan menyiapkan dua lembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih. Tempelkan daun sirih pada mata dan biarkan semalaman, kemudian lepas saat bangun tidur.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

2. Bunga Mawar

Bunga mawar memiliki manfaat beragam, yang tidak hanya sebagai bahan kecantikan, tetapi juga dapat dikonsumsi sebagai minuman atau makanan.

Air mawar, dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, dapat digunakan untuk meredakan iritasi eksim, mengurangi kemerahan pada kulit, serta membantu mengurangi jerawat.



Sumber : Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit


BERITA LAINNYA



Close Ads x