Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok dan Cara Mengolahnya, ada Lidah Buaya Hingga Yogurt

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 02:00 WIB
10-bahan-alami-untuk-atasi-rambut-rontok-dan-cara-mengolahnya-ada-lidah-buaya-hingga-yogurt
Ilustrasi rambut rontok (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Rambut rontok memang bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Kita seringkali kesal ketika menemukan rambut menempel di sisir atau berceceran di lantai setiap kali menyisir.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetika, ketidakseimbangan hormon, jamur di kulit kepala, stres, penyakit autoimun, dan kekurangan nutrisi.

Mengatasi masalah rambut rontok dapat melibatkan berbagai cara, termasuk penggunaan bahan alami sebagai obat untuk melakukan perawatan di rumah. 

Mengutip dari Healthline dan Stylecraze, berikut adalah 10 bahan alami yang dapat digunakan untuk atasi rambut rontok yang aman digunakan. 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk menenangkan kulit kepala, menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut. Mengutip dari Healthline, lidah buaya dapat membantu mengurangi ketombe, membuka folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh kelebihan minyak.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, diamkan sejenak, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

2. Yogurt

Yogurt sebagai sumber probiotik dapat menghasilkan pH asam yang dapat mengubah kutikula rambut, meningkatkan kilau, dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Cara menggunakannya adalah cukup mengonsumsi semangkuk yogurt kaya probiotik setidaknya sekali sehari.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel papilla dermal di kulit kepala, sehingga menjadikan teh hijau sebagai obat alami untuk mengatasi rambut rontok.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sepele yang Bikin Rambut Rontok, Menggosok hingga Mengikat Rambut

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mencegah dan mengobati androgenetic alopecia. Cara mendapatkan manfaatnya cukup masukan kantong teh hijau ke dalam secangkir air hangat, diamkan selama 5-10 menit hingga larut, setelah itu saring dan konsumsilah secara rutin.

4. Mengonsumsi Ikan Dingin

Mengonsumsi ikan dingin seperti salmon, tuna, dan sarden dapat memberikan manfaat untuk kesehatan rambut.

Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu memperbaiki kesehatan rambut dengan meningkatkan kepadatan dan diameter rambut. Kandungan antioksidannya juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi rambut rontok.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat meresap ke dalam batang rambut, mencegah kehilangan protein, dan menjadi obat alami untuk mengatasi rambut rontok akibat penataan rambut dan penggunaan produk keras.

Caranya menggunakannya adalah cukup ambil 1-2 sendok makan minyak kelapa murni, pijatkan lembut ke kulit kepala dan rambut, dan biarkan selama setidaknya 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo dan kondisioner.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan melakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.

6. Rosemary

Minyak rosemary adalah minyak esensial yang sering digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak rosemary dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan memiliki efek mengobati alopecia androgenetik, yaitu suatu kondisi kerontokan rambut yang dipengaruhi oleh faktor genetik.



Sumber : Healthline, Stylecraze


BERITA LAINNYA



Close Ads x