Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Catat! 5 Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering saat Musim Hujan

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 14:33 WIB
catat-5-tips-mencegah-dan-mengatasi-kulit-kering-saat-musim-hujan
Ilustrasi. Tips mencegah dan mengatasi kulit kering saat musim hujan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musim hujan dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan akhirnya menjadi kering. Cuaca dingin dan rendahnya kelembapan secara bersamaan dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan dehidrasi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kulit kering, perlu dilakukan perawatan yang memperhatikan kondisi cuaca dan kebutuhan khusus kulit masing-masing individu.

Meskipun umumnya tidak membahayakan secara medis, kondisi kulit kering dapat sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Michele Farber, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology Group di New York City, AS, menyebutkan beberapa gejala kulit kering yaitu gatal, iritasi, pecah-pecah, sensasi tertarik pada kulit, rasa sakit bahkan hingga berdarah.

Berikut 5 tips untuk mencegah dan mengatasi kulit kering, dikutip dari Kompas.com.

5 Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering

1. Menggunakan pelembap

Menggunakan pelembab adalah salah satu metode yang efektif untuk mengatasi dan menjaga agar kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Baca Juga: Cek 6 Bahan Alami Ini, Ternyata Bisa Mengatasi Kulit Kering Kamu, Apa saja?

Sedangkan bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, disarankan untuk memilih pelembap berbasis air yang dapat mengatur produksi minyak.

Perlu diingat juga untuk tidak menunggu terlalu lama sebelum mengaplikasikan pelembap, karena paparan udara kering dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit.

Sebaiknya, segera aplikasikan pelembap dalam waktu satu menit setelah membersihkan kulit.

Disarankan juga untuk menggunakan pelembap secara langsung setelah keluar dari kamar mandi agar kelembapan wajah tetap terjaga. Hal ini juga dapat mencegah risiko kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

2. Meningkatkan asupan air putih



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x