Kompas TV lifestyle travel

Catat! Ini 11 Rekomendasi Tempat Piknik di Jakarta yang Hits dan Instagramable

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 07:00 WIB
catat-ini-11-rekomendasi-tempat-piknik-di-jakarta-yang-hits-dan-instagramable
Ilustrasi piknik bersama teman (Sumber: garetsvisual on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Jakarta sering disebut sebagai kota megapolitan yang padat dan sibuk. Meskipun begitu, masih terdapat banyak hutan kota dan taman yang bisa menjadi tempat piknik yang menyegarkan.

Berpiknik di Jakarta bersama teman atau keluarga dapat menjadi solusi yang baik untuk bersantai sejenak dari kehidupan yang serba sibuk, dan yang terbaik lagi, dengan budget terbatas.

Berbagai taman dan hutan kota di Jakarta menawarkan ruang terbuka yang nyaman untuk bersantai, bermain, atau bahkan berpiknik. Hal ini tentu menjadi alternatif liburan yang terjangkau dan dapat memberikan kesegaran di tengah kesibukan kota.

Mengutip dari Traveloka, berikut ini adalah 11 rekomendasi tempat piknik di Jakarta yang dapat kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburanmu.

1. Monas

Monumen Nasional (Monas) (Sumber: SHUTTERSTOCK/GALINA SAVINA)

Salah satu tempat piknik yang cocok untuk melepaskan kepenatan di Jakarta adalah Monumen Nasional atau Monas. Sebagai ikon kota Jakarta, Monas menawarkan berbagai kegiatan seru bagi pengunjung.

Salah satu kegiatan yang bisa kamu nikmati di sini adalah piknik sambil duduk di atas tikar. Monas tidak hanya menjadi tempat piknik yang populer, tetapi juga merupakan salah satu ruang terbuka terbesar di Jakarta.

Selain berpiknik, pengunjung juga dapat menjelajahi museum yang terletak di dalam kompleks Monas atau naik ke puncak Monas untuk menikmati pemandangan indah Kota Jakarta dari ketinggian.

Jadi, jika kamu mencari tempat yang cocok untuk piknik sambil menikmati keindahan kota, Monas bisa menjadi pilihan yang tepat di tengah hiruk-pikuk ibu kota.

Baca Juga: Libur Telah Tiba, Ini 7 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Ada Tempat Instagramable!

2. Pantai Pasir Putih PIK 2 

Piknik seru di Jakarta juga bisa kamu nikmati dengan mengunjungi Pantai Pasir Putih di Pantai Indah Kapuk 2 atau PIK 2. Tempat ini menyajikan pengalaman yang menyenangkan, di mana kamu dapat bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang memukau.

Hamparan pasir putih di sekitar pantai akan menambah kenyamanan dan membuat kamu semakin betah. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pantai ini menjadi pilihan ideal untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas harian yang padat.

Jika kamu menginginkan suasana yang lebih tenang, tak perlu segera pulang, nikmati keindahan senja dan sunset yang memukau dari Pantai Pasir Putih ini. Dijamin, pengalaman melihat senja dan sunset di sini tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di Bali!

3. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park (Sumber: Instagram/@atiqahhasiholan via Travel.Tribunnews.com)

Rekomendasi tempat piknik berikutnya di Jakarta adalah Tebet Eco Park. Tempat ini merupakan taman yang ramah untuk semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Tebet Eco Park memiliki luas sekitar 7 hektar yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan. Di dalamnya terdapat berbagai taman tematik dan playground yang sangat cocok untuk anak-anak.

Salah satu daya tarik utama dari Tebet Eco Park adalah jembatan orange ikonik yang menghubungkan sisi utara dan selatan taman. Jembatan ini bukan hanya fungsional, tetapi juga menjadi salah satu spot foto yang instagramable dan selalu ramai dikunjungi.

Dengan suasana yang nyaman dan beragam fasilitas yang ditawarkan, Tebet Eco Park menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu piknik bersama keluarga atau teman-teman.

4. Taman Ismail Marzuki

Jika kamu ingin menggabungkan kegiatan piknik dengan pembelajaran seni dan kebudayaan Indonesia, Taman Ismail Marzuki atau TIM yang berlokasi di Jl. Cikini Raya No 73, Jakarta Pusat, adalah destinasi yang sangat cocok. Taman ini menjadi pilihan terbaik untuk piknik bersama anak-anak.

Di Taman Ismail Marzuki, kamu dapat menikmati berbagai pementasan seni setiap minggunya. Tempat ini menjadi pusat kegiatan seni yang menarik, sehingga memberikan pengalaman yang mendalam tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia.

Sebelum berkunjung, pastikan untuk mencari informasi terkait pementasan seni yang akan diselenggarakan agar kamu dapat memilih acara yang sesuai dengan minat dan preferensimu.

Dengan demikian, piknikmu tidak hanya akan menjadi waktu yang menyenangkan tetapi juga dapat menjadi kesempatan untuk lebih mengenal kekayaan seni dan budaya Indonesia.

Baca Juga: Cek, Daftar Promo di 5 Tempat Wisata Selama Natal dan Tahun Baru! Ada Diskon 45%

5. Taman Fatahillah, Kota Tua

Museum Fatahillah (Sumber: Dok/ Shutterstock/kharisbhe)

Rekomendasi tempat piknik selanjutnya di Jakarta adalah Taman Fatahillah yang terletak di Kota Tua. Kota Tua Jakarta memang sangat terkenal dengan museum-museum dan bangunan-bangunan klasiknya yang memikat.



Sumber : Kompas TV, Traveloka


BERITA LAINNYA



Close Ads x