Kompas TV lifestyle travel

Ini Cara Ragunan Jaga Kesehatan Hewan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 07:56 WIB
ini-cara-ragunan-jaga-kesehatan-hewan-saat-libur-natal-dan-tahun-baru
Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, memastikan kesehatan satwa tetap terjaga, meskipun libur satwa pada Senin (25/12/2023) ditunda menjadi Selasa (26/12/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant) 
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, memastikan kesehatan satwa tetap terjaga, meskipun libur satwa pada Senin (25/12/2023) ditunda menjadi Selasa (2/1/2024) pekan depan. 

Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, pihaknya sudah memberikan vitamin penguat daya tahan tubuh hewan.

"Kami biasanya tambahkan vitamin supaya daya tahan tubuh hewan-hewan lebih kuat," kata Bambang seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/12).

Ia menjelaskan, selain memberi vitamin, setiap perawat hewan di Ragunan selalu memperhatikan perilaku satwa yang ada di kebun binatang tersebut. 

Baca Juga: Cara Paling Tepat saat Kehabisan Saldo e-Toll di Perjalanan Liburan Nataru | SINAU

Jika ada satwa yang terlihat tidak sehat, perawat akan segera berkoordinasi dengan tim medis untuk penanganan kesehatan satwa lebih lanjut.

"Keeper atau perawat satwa selalu memperhatikan perubahan perilaku seluruh satwa. Apabila satwanya kelihatan kurang sehat, (mereka) langsung berkoordinasi dengan tim medis dari Ragunan," ujarnya.  

Ia menambahkan, penundaan libur satwa diperbolehkan. Seperti yang diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur bagi Satwa pada Taman Margasatwa Ragunan.

"Memang sesuai ketentuan kalau libur satwa berada di tengah hari libur nasional, libur satwa kami undur," ucapnya.  

Baca Juga: KAI Daop 8 Sediakan Arena Bermain Anak di Ruang Tunggu di Stasiun Surabaya dan Malang

Bambang mengimbau masyarakat untuk memantau akun Instagram resmi Taman Margasatwa Ragunan bernama pengguna "ragunanzoo" untuk mendapatkan beragam informasi terbaru tentang kebun binatang tersebut.

Terutama di tengah libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mulai dari waktu libur satwa pada 2 Januari 2024 hingga berbagai atraksi satwa yang akan digelar.

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan memprediksi puncak keramaian pengunjung di tengah periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024.

Baca Juga: Simak Cara Beli Tiket Taman Mini Indonesia Indah Secara Online

Bambang menyampaikan sejauh ini jumlah pengunjung terbanyak di Ragunan adalah pada Minggu, 24 Desember lalu. Pada hari itu, pihak Ragunan mencatat terdapat 94.000 pengunjung yang mengunjungi kebun binatang tersebut.

Kemudian, jumlah pengunjung berkurang menjadi 68.000 orang pada Senin (25/12). Menurut Bambang, berkurangnya jumlah pengunjung itu berkemungkinan disebabkan oleh turunnya hujan di sekitar wilayah Jakarta Selatan di Hari Raya Natal. 


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x