Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Air Rebusan Kencur, Bisa Atasi Batuk hingga Gangguan Pencernaan

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 08:00 WIB
5-manfaat-air-rebusan-kencur-bisa-atasi-batuk-hingga-gangguan-pencernaan
Kencur sering kali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, minuman penambah selera makan, hingga obat-obatan tradisional. Salah satu olahan kencur yang terkenal adalah air rebusan kencur. (Sumber: Shutterstock/Yessi Frenda via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan, yang memiliki tanah gembur dan tidak banyak mengandung air.

Kencur sering kali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, minuman penambah selera makan, hingga obat-obatan tradisional. Salah satu olahan kencur yang terkenal adalah air rebusan kencur.

Air rebusan kencur telah dipercaya sejak lama dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut 5 manfaat air rebusan kencur, dikutip dari sajiansedap.grid.id.

5 Manfaat Air Rebusan Kencur

1. Menenangkan tubuh

Mengonsumsi air rebusan kencur saat perut kosong dapat membantu menenangkan tubuh dan mengurangi stres. Manfaat tersebut berasal dari efek antidepresan kencur terhadap sistem saraf pusat.

Mengonsumsi air rebusan kencur dipercaya dapat membantu menenangkan tubuh dan mengurangi rasa gelisah, cemas, serta depresi.

Baca Juga: Catat! Ini 11 Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan Tubuh, Berdasarkan Penelitian

2. Mengatasi batuk

Mengonsumsi air rebusan kencur saat perut kosong di pagi hari dapat membantu mengatasi batuk.

Cara membuat air rebusan kencur pun cukup mudah. Rebus kencur dengan sedikit garam. Kemudian, konsumsi air rebusannya untuk meredakan batuk berdahak dan melegakan pernapasan.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Air rebusan kencur diketahui bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan antiinflamasi pada kencur dapat mengurangi degenerasi kognitif dan memberikan perlindungan pada otak.

Baca Juga: 6 Manfaat Air Rebusan Kapulaga untuk Kesehatan, Bisa Atasi Demam hingga Minimalkan Risiko Kanker!

4. Menjaga kesehatan gigi

Air rebusan kencur memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan bakteri dalam tubuh, termasuk bakteri Lactobacillus acidophilus yang dapat menyebabkan kerusakan gigi seperti karies.

Oleh karena itu, mengonsumsi air rebusan kencur dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga: Penting Diketahui! 6 Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan, Termasuk Mengontrol Gula Darah

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Mengonsumsi air rebusan kencur saat perut kosong dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Salah satu gangguan pencernaan yang sering disepelekan adalah diare. Diare yang tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh.


 



Sumber : sajiansedap.grid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x