Kompas TV lifestyle kesehatan

Ternyata Ini 6 Manfaat Air Tajin Untuk Kesehatan Tubuh, dari Sumber Energi Hingga Mengatasi Sembelit

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 03:00 WIB
ternyata-ini-6-manfaat-air-tajin-untuk-kesehatan-tubuh-dari-sumber-energi-hingga-mengatasi-sembelit
Ilustrasi Air Tajin (Sumber: Guiyuan via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Tentu kita sudah tahu bahwa rempah-rempah dan bahan alami lainnya, memiliki reputasi sebagai obat tradisional yang efektif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Bahkan, penggunaan bahan alami dalam pengobatan telah menjadi warisan nenek moyang kita selama berabad-abad.

Salah satu bahan alami yang mungkin kurang dikenal adalah air rebusan beras atau yang dikenal sebagai air tajin.

Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, nyatanya, air tajin memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Sayangnya, saat ini, penggunaan air tajin kurang umum karena banyak orang beralih menggunakan rice cooker atau kompor listrik untuk menanak nasi.

Padahal, dalam kehidupan sehari-hari, air tajin sering digunakan sebagai sumber nutrisi pada masa lampau. Dari segi gizi, air tajin sebenarnya mengandung nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk lebih memahami manfaat kesehatan dari air tajin dan mempertimbangkan untuk mengintegrasikannya kembali ke dalam pola hidup sehari-hari kita.

Dikutip dari GridHype.Id, berikut adalah 6 manfaat air tajin untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui.

1. Sumber Energi

Sumber energi sangat penting bagi tubuh, dan air tajin menjadi salah satu cara umum yang dapat digunakan untuk memperoleh nutrisi tersebut. Selain itu, air tajin juga mengandung karbohidrat yang tinggi. 

Praktik ini telah menjadi kebiasaan umum di kalangan pekerja berat di India. Menurut mereka, dengan mengonsumsi air tajin, dapat memberikan mereka tambahan energi yang membuat mereka lebih bertenaga selama bekerja.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kesehatan Ginjal dan Cara Membuatnya!

2. Mencegah Gastroenteritis

Gastroenteritis atau infeksi pada usus atau perut yang disebabkan karena serangan bakteri dan virus merupakan salah satu penyakit yang cukup menyakitkan.



Sumber : GridHype.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x