Kompas TV lifestyle kesehatan

Minum 6 Teh Ini Dapat Meringankan Gejala Flu saat Musim Hujan Tiba

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 06:30 WIB
minum-6-teh-ini-dapat-meringankan-gejala-flu-saat-musim-hujan-tiba
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Freepik/freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Teh adalah minuman yang populer di seluruh dunia. Teh terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis yang dikeringkan dan diseduh dengan air panas. 

Teh dapat dinikmati dalam berbagai kondisi. Minuman ini juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, salah satunya meringankan gejala flu saat musim hujan tiba.

Melansir laman gooddoctor.co.id, berikut jenis teh yang dapat meringankan gejala flu saat musim hujan tiba.

1. Teh Hijau

Baca Juga: 15 Manfaat Teh Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Termasuk Dapat Meredakan Sakit Gigi!

Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk meringankan gejala flu saat musim hujan tiba. Teh jenis ini sudah terkenal manfaatnya terhadap kesehatan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Kandungan flavanol dan flavonoid yang ada di dalamnya memiliki khasiat untuk menjaga imunitas selama musim hujan. Kandungan dalam teh hijau tersebut juga dapat meredakan rasa tidak nyaman saat terkena flu.

2. Teh Gingseng

Ginseng telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun, termasuk gangguan pernapasan. Penelitian menunjukan hasil kemanjuran ginseng dalam mencegah dan mengobati infeksi pernapasan dan flu. 

Ekstrak ginseng mengurangi durasi, keparahan, dan frekuensi infeksi saluran pernapasan bagian atas dan flu. Teh gingseng juga aman untuk dikonsumsi kebanyakan orang. 

Namun bagi penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi teh gingseng. Pasalnya teh gingseng dapat mempengaruhi gula darah. 

Teh gingseng juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi ginseng.

3. Teh Chamomile



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.