Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan, Berikut Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 18:00 WIB
5-penyakit-yang-sering-muncul-di-musim-hujan-berikut-cara-mencegahnya
Ilustrasi - Berikut penyakit penyerta yang sering muncul di musim hujan dan cara mencegahnya. (Sumber: unsplash.com/@towfiqu999999)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbagai wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan. Di musim hujan, biasanya banyak penyakit penyerta yang sering muncul.

Beberapa penyakit yang sering muncul di musim hujan di antaraya flu, demam berdarah, infeksi saluran pernapasan, dan penyakit kulit seperti kurap. 

Kelembaban tinggi dan air yang tergenang saat musim hujan dapat menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri, virus, dan jamur untuk berkembang biak. 

Maka dari itu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta mengonsumsi makanan yang aman dan sehat bisa mengurangi risiko dari berbagai infeksi penyakit.

Berikut daftar penyakit penyerta yang sering muncul di musim hujan dilansir dari laman Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Meniran untuk Mengatasi Berbagai Penyakit, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal!

5 Penyakit yang Muncul di Musim Hujan

1. Influenza

Influenza adalah infeksi virus pernapasan yang menyebabkan gejala seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Virus influenza dapat menyebar dengan cepat melalui udara atau kontak langsung, dan setiap tahunnya muncul varian baru dari virus ini.

Vaksinasi tahunan direkomendasikan untuk membantu melindungi diri dari infeksi influenza.

2. Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Gejala demam berdarah melibatkan demam tinggi, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, serta peningkatan risiko perdarahan. Infeksi yang parah dapat menyebabkan syok dan bahkan kematian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x