Kompas TV lifestyle kesehatan

Awas! Ini Bahaya Cacingan pada Anak Jika Tak Segera Ditangani

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 22:00 WIB
awas-ini-bahaya-cacingan-pada-anak-jika-tak-segera-ditangani
Ilustrasi cacingan pada anak (Sumber: UMM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Cacingan adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit yang hidup di dalam tubuh manusia. Cacingan dapat menyerang semua usia, tetapi anak-anak lebih rentan karena sering bermain di tanah yang kotor dan kurang menjaga kebersihan diri.

Cacingan juga lebih sering ditemukan pada wilayah dengan penduduk yang kurang mampu dan memiliki sanitasi buruk. Menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO, diperkirakan 24 persen penyakit cacingan disebabkan akibat paparan langsung dari tanah.

Melansir laman Medical News Today, anak yang mengalami cacingan dalam mengalami beberapa keluhan kesehatan, seperti nyeri perut, diare, mual, perut kembung, kelelahan, hingga penurunan berat badan tanpa alasan.

Dalam kasus yang parah, cacingan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti anemia, kekurangan nutrisi, dan penyumbatan usus. 

Baca Juga: Cacingan Menyebabkan Stunting pada Anak, Mitos atau Fakta?

Berikut bahaya cacingan pada anak:

1. Anemia

Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Ketika anak mengalami anemia, ia akan merasa lelah, lemah, dan sesak napas. Cacing tambang adalah jenis cacing yang paling sering menyebabkan anemia pada anak. 

Cacing ini hidup di usus halus dan menyerap darah dari tubuh inangnya.

2. Kekurangan Nutrisi

Cacing dapat mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan. Akibatnya, anak yang cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi, seperti zat besi, vitamin A, dan vitamin B12.



Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x