Kompas TV lifestyle tren

Twibbon, Tema, Ucapan dan Sejarah HUT ke-78 Armada RI 2023, Diperingati Tiap 5 Desember

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 09:37 WIB
twibbon-tema-ucapan-dan-sejarah-hut-ke-78-armada-ri-2023-diperingati-tiap-5-desember
Peringatan HUT Armada 2021. Berikut sejarah, tema dan twibbon HUT ke-78 Armada RI Tahun 2023 (Sumber: lantamal8-koarmada2.tnial.mil.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Selasa (5/12/2023), masyarakat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Armada RI atau Hari Armada RI 2023.

Tema yang diangkat pada peringatan HUT Armada RI 2023 kali ini adalah “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”.

HUT ke-78 Armada RI ini diperingati tiap tahunnya oleh Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL).

Berikut twibbon, ucapan dan sejarah HUT Armada RI yang diperingati hari ini 5 Desember 2023.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini 5 Desember 2023, BMKG: Siang hingga Malam Diprediksi Hujan

Sejarah HUT Armada RI 

Cikal bakal Hari Armada RI tidak terlepas dari masa awal periode perang kemerdekaan. Saat itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana. 

Kendati dengan persenjataan sederhana, Armada Rl telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut dalam masa penugasan mempertahankan kemerdekaan.

Misalnya, saat Armada RI berhasil dalam misi penerobosan blokade laut Belanda hingga keberhasilan mengirim pejuang kemerdekaan ke berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain.

Dengan kekuatan yang ada ini, Armada Rl telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta.

Baca Juga: Wanita di Bogor yang Ditemukan Tewas di Ruko Kosong Ternyata Dibunuh Pacarnya Sendiri



Sumber : Kompas TV, kominfo.jatimprov.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x