Kompas TV lifestyle kesehatan

1 Desember 2023 Diperingati Sebagai Hari AIDS Sedunia, Ini Tema, Tujuan, Sejarah dan Arti Pita Merah

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 06:00 WIB
1-desember-2023-diperingati-sebagai-hari-aids-sedunia-ini-tema-tujuan-sejarah-dan-arti-pita-merah
Hari AIDS Sedunia 2023 diperingari pada 1 Desember 2023. (Sumber: Anna Shvets/Paxels)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pergantian bulan ke-12 sudah tiba, banyak pertanyaan mengenai tanggal 1 Desember 2023 memperingati hari apa. Seperti pada hari ini, Jumat bertepatan dengan 1 Desember.

Jawabannya, setiap tanggal 1 Desember seluruh penduduk dunia memperingati Hari AIDS Sedunia atau World AIDS Day.

Melansir WHO, Kamis (30/11), tema Hari AIDS Sedunia 2023 kali ini adalah "Let Communities Lead!" atau "Biarkan Komunitas Memimpin!"

Makna tema Hari AIDS Sedunia 2023 ini adalah untuk menandai dampak penting yang dimiliki komunitas dalam membentuk respons terhadap HIV, serta kesehatan global secara keseluruhan.

Baca Juga: Kasus Cacar Monyet Bertambah, Kemenkes Sebut 6 Pasien adalah Orang dengan HIV

Tujuan Memperingati Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia adalah gerakan global untuk menyatukan masyarakat dalam memerangi HIV dan AIDS.

Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah virus yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS (Acquired Immuno-Deficiency Syndrome) merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh sangat lemah akibat infeksi HIV.

Sejak tahun 1988, masyarakat bersatu pada Hari AIDS Sedunia untuk menunjukkan kekuatan dan solidaritas melawan stigma HIV dan mengenang nyawa yang hilang.

Selain itu, Hari AIDS Sedunia juga bertujuan untuk memberi ruang bagi penderita HIV AIDS untuk memberikan pengalaman nyata, sekaligus memberi mereka dukungan dan kekuatan.

Baca Juga: Kasus Hiv-Aids Meningkat, 168 Orang Tercatat Sebagai Pengidap

Identik dengan Pita Merah 

Hari AIDS Sedunia selalu identik dengan pita merah. Mereka yang memperingatinya, biasanya menggunakan pita merah di baju atau mengunggah foto pita merah di sosial media.

Pita merah adalah simbol universal kesadaran dan dukungan bagi pengidap HIV. Ini pertama kali dirancang pada tahun 1991, ketika dua belas seniman bertemu untuk membahas proyek baru untuk Visual AIDS, sebuah organisasi seni kesadaran HIV di New York.

Di sanalah mereka mencetuskan simbol pita merah, yang dikenakan untuk menandakan kesadaran dan dukungan terhadap orang yang hidup dengan HIV.

Para seniman ingin menciptakan ekspresi visual belas kasih terhadap orang yang hidup dengan HIV dan memilih warna merah karena keberaniannya, serta asosiasi simbolisnya dengan semangat, hati, dan cinta.

Baca Juga: Miris! Seorang Pria Pengidap HIV Tega Cabuli 3 Anak di Bawah Umur

Kasus HIV AIDS di Indonesia 2023



Sumber : Kompas TV, WHO, Kemkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x