Kompas TV lifestyle travel

Simak, Berikut Lima Rekomendasi Tempat Wisata untuk Natal dan Tahun Baru di Jakarta

Kompas.tv - 29 November 2023, 08:05 WIB
simak-berikut-lima-rekomendasi-tempat-wisata-untuk-natal-dan-tahun-baru-di-jakarta
Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021). (Sumber: Kompas.com/Nabilla Ramadhian)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tempat wisata menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan liburan akhir tahun. 

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu mengatakan bahwa desa wisata bisa memberikan pengalaman berbeda saat berlibur.

"Saya yakin daripada ramai-ramai ke Puncak saat Nataru, mending ke desa wisata, bisa dapat suasana berbeda dan pengalaman yang berbeda," ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu dikutip dari Kompas.com (16/12/2022).

Dari sekitar 3.400 desa yang sudah masuk dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta) yang dikelola Kemenparekraf, Vinsen memberikan beberapa saran desa wisata yang menarik dan mudah dijangkau dari tengah kota. 

Berikut daftar lima desa Wisata yang cocok dikunjungi saat liburan natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru):

1. Desa Wisata Setu Babakan, Jakarta

Jika Anda tertarik untuk mengenal lebih dekat kebudayaan Betawi, sangat pas untuk mengunjungi Desa Wisata Setu Babakan di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Desa ini telah terpilih sebagai salah satu desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com pada tanggal 3 September 2021.

2. Desa Wisata Sukarame, Banten

Desa Wisata Sukarame di Pandeglang, Banten, berhasil masuk dalam 50 besar ADWI 2021 berkat daya tarik wisata alamnya yang melibatkan konservasi bawah laut. Dari Jakarta, perjalanan menuju Sukarame memakan waktu sekitar tiga jam dengan kendaraan roda empat, sejauh sekitar 160 kilometer.

Menurut laporan Kompas.com pada Minggu, 10 Maret 2021, para wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi di desa ini, mulai dari konservasi bawah laut, memahami proses pembuatan batik khas Pandeglang, menikmati beragam kerajinan seperti olahan bambu dan kerang, hingga menikmati seni tari dzikir saman.

Baca Juga: Pesona Wisata Pemandian Air Panas Klayili di Kota Sorong, Bisa Lakukan Terapi Tubuh

3. Desa Saba Budaya Baduy, Banten

Desa yang dihuni oleh suku Baduy ini meraih juara harapan satu dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, khususnya untuk kategori Daya Tarik Pengunjung ADWI 2022. Terletak di Kabupaten Lebak, Banten, desa wisata ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 3,5 jam perjalanan dari Jakarta.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x