Kompas TV lifestyle kesehatan

Sedikit Orang Tahu, 6 Manfaat Cabai Jawa ini Ternyata Baik untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!

Kompas.tv - 25 November 2023, 04:00 WIB
sedikit-orang-tahu-6-manfaat-cabai-jawa-ini-ternyata-baik-untuk-kesehatan-bisa-atasi-diabetes
Ilustrasi Cabai Jawa yang memiliki manfaat untuk kesehatan (Sumber: SHUTTERSTOCK/YURI PHOTOLIFE via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Banyak orang mungkin belum terlalu familiar dengan cabai jawa. Sejak dulu, masyarakat telah memanfaatkan cabai jawa sebagai tanaman herbal.

Tanaman cabai jawa tumbuh merambat, dengan daun berbentuk bulat telur dan ujung yang runcing. Buahnya memiliki bentuk bulat panjang dengan ujung yang mengecil.

Perlu dicatat bahwa cabai jawa bukanlah jenis cabai yang biasa digunakan untuk membuat sambal. Meskipun begitu, cabai jawa ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Kandungan seperti piperin, asam palmitik, asam tetrahidropiperik, piperidin, minyak atsiri, dan sesamin menjadikan cabai jawa dianggap dapat membantu mengobati berbagai penyakit.

Dikutip dari GridHealth.Id, berikut adalah manfaat cabai jawa untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati gangguan lambung

Minyak atsiri yang terkandung dalam cabai jawa memiliki manfaat untuk menguatkan lambung, serta memperbaiki sistem pencernaan.

Baca Juga: 9 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan, Termasuk Dapat Mencegah Kanker dan Sakit Lambung!

2. Meredakan sakit gigi

Setiap orang tentu merasa tidak nyaman dan sering kesakitan saat mengalami sakit gigi. Salah satu cara untuk meredakan sakit gigi biasanya dengan menggunakan obat kimia.

Namun alternatif lainnya, kita bisa memanfaatkan cabai jawa sebagai pengobatan untuk meredakan sakit gigi. Caranya cukup berkumur dengan air rebusan daun cabai jawa, dan nyeri karena sakit gigi akan berkurang.

 

3. Meredakan batuk

Batuk adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Batuk seringkali mengganggu aktivitas penderitanya.

Namun jangan khawatir, karena cabai jawa terbukti efektif dalam meredakan batuk jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Untuk membuat ramuan herbal pengobatan batuk dari cabai jawa, langkahnya cukup sederhana.




Sumber : Health.Grid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x