Kompas TV lifestyle kesehatan

Hati-Hati, Ini 8 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

Kompas.tv - 23 November 2023, 05:21 WIB
hati-hati-ini-8-gejala-kolesterol-tinggi-yang-sering-diabaikan
Perbedaan kolesterol dan trigliserida tinggi yang memicu penyakit jantung dan stroke berikut gejalanya. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh. Terlebih, berbagai penyakit akibat kolestrol tinggi tidak memiliki gejala yang jelas. 

Oleh karena itu, naiknya kolesterol dalam darah seringkali tidak disadari oleh penderita. Dikutip dari Healtline, kolesterol adalah zat lilin yang dihasilkan oleh hati maupun makanan yang dimakan. 

Dalam keadaan normal, kolesterol diperlukan supaya tubuh bisa berfungsi secara normal. Sebab, zat lilin ini diproduksi secara alami untuk membentuk hormon, menghasilkan vitamin D, dan melancarkan pencernaan. 

Akan tetapi, kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang berlebih akan meningkatkan risiko serangan jantung, gangguan fungsi ginjal, diabetes, dan stroke. Maka dari itu, gejala kolesterol tinggi penting untuk diketahui agar tubuh terhindar dari komplikasi berbahaya. 

Baca Juga: 8 Buah Penurun Kolesterol Alami Ini Mudah Ditemukan di Pasar, Ada Alpukat, Semangka, hingga Pepaya

Adapun beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Mudah Mengantuk 

Kadar kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah, sehingga aliran oksigen tidak berjalan normal. Kondisi ini membuat penderitanya mudah mengantuk. 

Penderita akan sering menguap akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Apabila frekuensi menguap sudah tidak wajar, maka patut dicurigai. 

2. Mudah Lelah 

Mudah lelah saat melakukan aktivitas juga dapat menjadi tanda kolesterol tinggi.  Hal ini terjadi karena munculnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi. 

Plak dalam pembuluh darah menyebabkan berkurangmya aliran darah ke jaringan tubuh. 

3. Nyeri Dada 

Gejala kolesterol tinggi lainnya adalah nyeri pada dada. Kadar kolesterol dalam tubuh yang meningkat menimbulkan tumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. 

Akibatnya, penerimaan oksigen akan berkurang dan kinerja organ vital lain menurun. Pada kondisi seperti ini, pengidapnya harus berwaspada karena ini merupakan salah satu gejala dari serangan jantung dan Penyakit Jantung Koroner (PJK). 

4. Pegal pada Tengkuk atau Pundak 



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x