Kompas TV lifestyle kesehatan

Jerawat di Dagu, Apa Penyebab, Perawatan, dan Pencegahan yang Ampuh? Ini Jawaban Ahli

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 03:00 WIB
jerawat-di-dagu-apa-penyebab-perawatan-dan-pencegahan-yang-ampuh-ini-jawaban-ahli
Ilustrasi jerawat yang muncul di dagu. (Sumber: Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jerawat adalah masalah kulit yang umum, dan lokasi jerawat pada dagu seringkali dapat menjadi masalah bagi banyak orang.

Jerawat di dagu dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk pola makan, hormon, bakteri, genetika, stres, dan kebersihan kulit.

Beberapa makanan tertentu, seperti susu skim, gula, dan pemanis buatan, dapat memicu jerawat dengan meningkatkan kadar insulin.

Baca Juga: Cara Cepat Hilangkan Jerawat Batu: Panduan Efektif untuk Kulit Bebas Jerawat

Azadeh Shirazi, seorang dokter kulit bersertifikat, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, menjelaskan bahwa konsumsi makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar insulin yang memicu produksi minyak berlebih (sebum).

Akumulasi minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Protein whey dalam produk seperti protein shake juga dapat meningkatkan produksi insulin, yang berkontribusi pada timbulnya jerawat di dagu.

Selain faktor makanan, hormon juga memainkan peran penting dalam munculnya jerawat di dagu.

Baca Juga: Mengapa Jerawat Muncul Usai Mencukur Rambut Kemaluan? Simak Penjelasannya

Bagi wanita, jerawat hormonal seringkali terjadi sekitar periode menstruasi dan dapat menjadi meradang, berisi nanah, dan muncul dalam kelompok.

Cara Mengobati Jerawat di Dagu

Mengatasi jerawat di dagu memerlukan pendekatan menyeluruh, mengingat adanya berbagai faktor yang terlibat. Berikut beberapa bahan yang telah terbukti efektif untuk menangani jerawat.

Benzoil Peroksida

Pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida atau gel jerawat dapat membantu menargetkan jerawat. Pilih produk dengan konsentrasi rendah untuk menghindari iritasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x