Kompas TV lifestyle kesehatan

Waspada 5 Bahaya Konsumsi Eh Teh Manis Berlebihan, dari Berat Badan Naik hingga Stroke

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 07:30 WIB
waspada-5-bahaya-konsumsi-eh-teh-manis-berlebihan-dari-berat-badan-naik-hingga-stroke
Ilustrasi teh. Bahaya minum teh jika terlalu sering dikonsumsi dengan bubble atau boba yakni bisa memicu penyakit jantung hingga obesitas. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Es teh manis adalah minuman yang populer di Indonesia. Rasa manis di dalam minuman tersebut bisa menjadi energi bagi tubuh yang lelah setelah melepas banyak cairan melalui keringat.

Es teh manis terasa menyegarkan, terlebih saat cuaca panas dan terik, sehingga sering dikonsumsi sebagai pereda dahaga. Namun, konsumsi es teh manis berlebihan dapat menimbulkan berbagai bahaya bagi kesehatan.

Sebab, es teh manis umumnya mengandung gula yang cukup tinggi. Beberapa efek buruk yang bisa terjadi jika mengonsumsi es teh manis berlebihan cukup beragam terkait kelebihan kalori hingga masalah gula darah.

Baca Juga: Simak, Ini 6 Jenis Teh yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Berikut bahaya minum es teh berlebihan bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari Healthline.

1. Kenaikan Berat Badan

Kandungan gula yang tinggi dalam es teh manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Gula merupakan sumber kalori yang tinggi, dan konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan asupan kalori berlebih. 

Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, dan berbagai penyakit terkait obesitas, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

2. Karies Gigi

Kandungan gula dalam es teh manis dapat menyebabkan karies gigi. Gula adalah makanan favorit bakteri penyebab karies gigi. 

Saat gula dimakan, bakteri akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi.

3. Penyakit Jantung dan Stroke



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x